27 Orang Positif Corona, Jabar Command Center Difungsikan

27 Orang Positif Corona, Jabar Command Center Difungsikan

Jabar Command Center juga difungsikan sebagai pusat informasi dan koordinasi terkait virus Corona. (foto - humas)

Bandung  -  Berdasarkan   laporan  dari  Kementerian  Kesehatan   (Kemenkes)   menyatakan,  jumlah  pasien  positif  yang terpapar virus corona (Covid-19) di Indonesia telah mencapai 27 orang.

"Kemarin kita sudah mengumumkan pasien kode 01-19, kini ada penambahan delapan orang," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan sekaligus juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Selasa (10/3/2020).

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) meresmikan Gedung Jabar Command Center yang berlokasi di Kawasan Gedung Sate Kota Bandung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar Setiaji menyatakan, Command Center difungsikan untuk mengawasi dan mengamati berbagai hal, khususnya berkaitan dengan layanan publik dan penanggulangan bencana.

Jabar Command Center itu pun menurut Setiaji, turut difungsikan sebagai pusat informasi dan koordinasi terkait wabah virus Corona. "Kita pantau melalui Command Center agar respons kita ke masyarakat bisa lebih cepat," katanya.

Mengenai penanggulangan kebencanaan lanjut Setiaji, Command Center diproyeksikan sebagai pusat data dan informasi untuk melakukan prediksi potensi bencana alam di wilayah Jabar. "Bisa melakukan upaya pencegahan karena dari Command Canter bisa diketahui melalui data, dan akhirnya bisa dilakukan prediksi bencana alam dan penanganannya".

Selain itu, Command Center tersebut akan dibuka untuk masyarakat umum, khususnya bagi mereka yang ingin berwisata sekaligus mengedukasi diri terkait penanggulangan bencana di wilayah Jabar.

"Di Command Center juga ada wahana publik untuk edukasi kebencanaan serta melihat langsung visualisasi program Pemprov Jabar. Rencananya tanggal 21 Maret wahana publik itu akan kami buka. Ini juga menjadi satu rangkaian pendukung Gedung Sate sebagai ruang terbuka untuk publik," tegas Setiaji. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,