Puluhan Rumah di Pamijahan Rusak Imbas Gempa Sukabumi

Puluhan Rumah di Pamijahan Rusak Imbas Gempa Sukabumi

Puluhan rumah warga di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor rusak imbas gempa Sukabumi. (foto - ist)

Bogor - Warga Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor turut merasakan getaran gempa Sukabumi yang berkekuatan 5,0 pada skala Richter (SR), Selasa (10/3/2020). Getaran gempa dirasakan warga di kaki Gunung Halimun Salak Bogor, hingga mengakibatkan puluhan rumah rusak.

Sedikitnya ada 4 desa di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor yang terdampak gempa Sukabumi. Yakni Desa Purwabakti dan Desa Ciasihan, Desa Cibunian serta Desa Ciasmara.

Lemahnya sinyal jaringan telekomunikasi di lokasi terdampak, menyebabkan laporan dampak bencana alam gempa bumi antara warga dengan aparat desa atau kecamatan belum optimal.

"Laporan sementara puluhan hingga ratusan rumah yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat itu ada di Desa Purwabakti, Desa Ciasihan, Desa Cibunian dan Desa Ciasmara," kata Ryan Achdiana, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pamijahan Ryan Achdiana.

Meski tidak ada korban jiwa dari laporan Ryan, ada warga mengalami luka ringan karena tertimpa dinding yang ambruk. Satu orang nenek mengalami luka ringan karena tertimpa dinding di bagian punggungnya. Selain itu, anak kecil luka ringan di bagian kepala karena tertimpa genteng.

Tidak hanya rumah warga yang rusak, satu ruang kelas SDN Ciasmara 05 pun dinding dan lantainya mengalami retak-retak. Dari empat desa yang terdampak gempa, dua kampung di Desa Purwabakti yakni Kampung Garehong dan Kampung Cisalada merupakan yang terparah. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,