Polda Sita Ratusan Kendaraan Diduga Hasil Tindak Fidusia

Polda Sita Ratusan Kendaraan Diduga Hasil Tindak Fidusia

Barang bukti hasil tindak fidusia yang disita Polda jabar. (foto - ant)

Bandung - Polda Jabar melalui Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) menyita ratusan motor dan sejumlah mobil. Kendaraan yang didapatkan dari tiga gudang tersebut, diduga sebagai hasil pidana kasus fidusia.

Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu. Ketiganya berinisial LM, KS dan W. Pengungkapan itu merupakan hasil penyelidikan dari laporan salah satu perusahaan leasing kendaraan, pada 16 Oktober tahun lalu.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga menyatakan, fidusia adalah perjanjian utang piutang kreditor kepada debitor yang melibatkan penjaminan. Jaminan itu kedudukannya masih dalam penguasaan pemilik jaminan.

Dalam kasus ini, perkara fidusia yang mengalihkan, menggadaikan benda yang menjadi objek fidusia tanpa persetujuan tertulis. "Kami temukan barang bukti 324 motor dan 6 mobil di tiga gudang milik tersangka berinisial KS di kawasan Kecamatan Babakan Ciparay Bandung," katanya di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, Kamis (12/3/2020).

Diketahui, dalam kasus tersebut LM bertindak selaku pemberi fidusia mengalihkan objek jaminan, berupa kendaraan roda empat jenis Brio kepada W lalu kendaraan itu kepada KS senilai Rp 25 juta.

Wadir Krimsus Polda Jabar AKBP Febriansyah mengatakan, ratusan kendaraan itu belum diketahui akan dijual kembali atau tidak. Kasus itu akan dilakukan pendalaman penyelidikan. "Tiga tersangka dikenakan Pasal 36 Undang-undang RI nomor 42 tahun 1999. tentang jaminan fidusia dan atau Pasal 372 KUHP dan Pasal 480 KUHP," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,