Puluhan rumah di Cibeber Cianjur Hancur Tertimpa Longsor

Puluhan rumah di Cibeber Cianjur Hancur Tertimpa Longsor

Longsor timpa puluhan rumah di lima desa Kecamatan Cibeber Cianjur. (foto - PR)

Cianjur - Sedikitnya  20  rumah  yang  berada  di  Kecamatan  Cibeber  Kabupaten  Cianjur  Jawa  Barat  hancur, sedangkan belasan lainnya rusak berat diterjang longsor, Minggu (22/3/2020). Longsor terjadi sekitar pukul 02.00 WIB saat warga sedang mengikuti pengajian di masjid.

Lokasi longsor tersebar di lima titik di Desa Karangnunggal Cibeber, yakni Kampung Pasarean, Munjul, Belendung, Cibule serta Cigentong. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Selain rumah, areal persawahan milik sejumlah warga pun terdampak bencana longsor tersebut. Termasuk ada hewan ternak milik warga banyak yang hilang," kata Camat Cibeber Ali Akbar.

Menurut Ali, sebelum longsor menerjang hujan turun sejak petang hingga tengah malam. Hujan yang terus mengguyur menyebabkan bukit yang berada di belakang perkampungan ambrol.

Jumlah rumah yang rusak masih bisa bertambah, karena ada beberapa daerah terdampak belum terjangkau petugas yang melakukan assessment. Ini karena akses jalan menuju lokasi terputus akibat tertutup material longsor. Warga yang rumahnya rusak telah diungsikan. "Masih dikoordinasikan untuk segera mendirikan posko darurat di lokasi kejadian," katanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan menyebutkan, petugas dan relawan tanggap bencana telah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan assessment dan evakuasi.

"Alat berat sudah diterjunkan ke lokasi untuk menyingkirkan material longsoran, yang menutup akses jalan dan menimbun rumah warga," kata Irfan. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,