Gempa Tektonik Berskala 3,5 SR Guncang Wilayah Jayapura

Gempa Tektonik Berskala 3,5 SR Guncang Wilayah Jayapura

Gempa Tektonik Berskala 3,5 SR Guncang Wilayah Jayapura. (ilustrasi)

Jayapura - Wilayah Kabupaten dan Kota Jayapura Papua diguncang gempa tektonik berkekuatan 3,5 pada skala Richter (SR), Rabu (1/4/2020) sekitar pukul 11.17 WIT.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa memiliki kekuatan M=3.5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47 LS dan 140.48 BT, atau tepatnya di darat pada 90 km Timur Laut Kabupaten Jayapura - Papua pada kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Jalur Pengangkatan Cyclop.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault),” katanya. Guncangan gempa dirasakan di daerah Kota dan Kabupaten Jayapura, II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan truk berlalu.

"Sejauh imi, belum ada laporan mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa bumi ini tersebut tdak berpotensi tsunami.

Petrus menjelaskan, sampai pukul 11:30 WIT, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Warga diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,