Siswa SMA Curi Mobil Mantan Kapolda Jabar di Tasikmalaya

Siswa SMA Curi Mobil Mantan Kapolda Jabar di Tasikmalaya

Tersangka pencuri mobil mantan Kapolda Jabar digelandang ke Mapolres Tasikmalaya Kota. (foto - ist)

Tasikmalaya - Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tasikmalaya Kota menangkap seorang pelajar SMA kelas XI berinisial RO (16), karena mencuri mobil mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (pur) Anton Charlian.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Ruhiman menyatakan, pelaku ditangkap saat akan membawa mobil Honda CR-V milik Anton di sekitar Jalan Gobras Tamansari Kota Tasikmalaya.

"Mobil milik mantan Kapolda Jabar itu hilang, pada Sabtu 4 April di sebuah tempat pencucian mobil di Jalan Pancasila Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Modus pelaku dalam melakukan aksinya untuk menukar kendaraan," kata Yusuf kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Polisi menangkap pelaku setelah menerima informasi dari salah satu bengkel, tempat mobil tersebut diservis. Pegawai di bengkel mencurigai kendaraan tersebut karena antara pemilik mobil dengan pelat nomor berbeda.

"Ya memang benar, pelaku pencuri mobil mantan Kapolda sudah kita tangkap beserta barang buktinya mobil tersebut, yang sudah berganti plat nomor. Plat nomornya pakai plat nomor palsu," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap RO kata Yusuf, tampaknya ia sudah melakukan aksi serupa sebanyak empat kali dengan modus yang sama. "Awalnya pelaku memiliki motor Yamaha X-ride, lalu menukarnya motor itu di sebuah bengkel di Ciamis dengan motor matic Yamaha Freego.

Pelaku lalu membawa motor Freego itu dan mengelabui pencucian mobil di Rajapolah dengan mengambil mobil Toyota Yaris. Pelaku kemudian membawa mobil Yaris itu ke sebuah pencucian mobil di Jalan Pancasila, dan menukarnya dengan mobil Honda CR-V.

Pelaku mengganti plat nomor kendaraan dengan yang palsu. "Atas perbuatannya, RO dikenakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman kurungan penjara 4 tahun," katanya. Saat diperiksa RO mengaku perbuatannya. "Saya hanya ingin memiliki kendaraan. Tidak ada niat untuk menjual," akunya. (Jr.)**

.

Tags:,