Total 37 Makam TPU Cikutra Bandung yang tergerus longsor

Total 37 Makam TPU Cikutra Bandung yang tergerus longsor

Petugas evakuasi jasad 37 makam di TPU Cikutra Bandung yang tergerus longsor. (foto - ist)

Bandung  -  Sedikitnya  ada  37  makam  di Tempat  Pemakaman  Umum  (TPU)  Cikutra  Kota  Bandung  tergerus  material longsor di bibir Sungai Cidurian, yang terjadi pada Jumat 1 Mei malam.

Menurut Camat Cibeunying Kaler Suardi, sedikitnya 37 makam yang tergerus longsor tersebut tersebar di tiga titik area TPU Cikutra. Yakni di Blok E, Blok F dan sebidang tanah wakaf yang berada di seberang Blok F.

Sejauh ini, masih ada satu makam (beserta jenazah) yang belum diketemukan, akibat tergerus longsor. tersebut. Pasalnya, lokasi Blok E dan F di area TPU Cikutra letaknya persis di bantaran sungai. Sementara 36 makam lainnya telah ditangani dan dipindahkan ke Blok lain di area TPU Cikutra.

"Total makam yang terbawa material longsoran sebanyak 37. Ke-37 makam tersebut tersebar di Blok E, Blok F, dan tanah wakaf di seberang Blok F," tegas Suardi, Sabtu (2/5/2020).

Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, deretan makam yang berada di Blok E dan F serta tanah wakaf di seberang Blok F area TPU, akan dipindahkan ke blok lain yang dinilai lebih aman jika terjadi hujan deras.

"Sedikitnya 15 makam tersisa yang ada di Blok E akan dipindahkan ke Blok G, karena khawatir terjadi longsor susulan. Sedangkan di blok F ada 4 makam yang sudah dipindahkan, dan 2 makam lain yang lokasinya dikhwatirkan terjadi longsor akan dipindahkan juga," katanya.

Sementara 3 makam yang berada di tanah wakaf seberang Blok F sudah dipindahkan, tinggal satu makam lagi yang masih dievakuasi". (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,