Kerusuhan di Penjara Venezuela, 47 Napi Tewas dan 75 Luka

Kerusuhan di Penjara Venezuela, 47 Napi Tewas dan 75 Luka

Protes pihak keluarga napi setelah terjadi kerusuhan di penjara Los Llanos Venezuela. (foto - Reuters)

Caracas  -  Sedikitnya  47  narapidana  dilaporkan  tewas  dan  75  lainnya  luka-luka menyusul  kerusuhan  yang  terjadi  di penjara Los Llanos Venezuela. Penjara di negara Amerika Selatan itu terkenal karena tingkat kekerasannya yang ekstrem dan kondisi yang buruk.

Dilansir Reuters, Minggu (3/5/2020) Direktur Observatorium Penjara Venezuela yang mengadvokasi hak narapidana Beatriz Giron mengatakan, 47 mayat telah diidentifikasi setelah insiden itu terjadi pada Jumat di penjara tersebut.

Menteri penjara negara itu Iris Varela mengatakan, insiden tersebut merupakan hasil dari upaya pelarian dan bahwa direktur penjara telah ditembak dan terluka. Namun ia tidak memberikan angka kematian.

Maria Beatriz Martinez, seorang anggota parlemen oposisi dari Portuguesa mengatakan, kerusuhan itu terjadi setelah adanya larangan anggota keluarga narapidana membawa makanan selama kunjungan, yang biasa terjadi di penjara-penjara Venezuela.

Pembatasan kunjungan adalah bagian dari upaya negara untuk mencegah penyebaran virus Corona di penjara yang penuh sesak tersebut.

Pembatasan semacam itu telah memicu kerusuhan di penjara di beberapa negara, termasuk Italia. Di Argentina, para napi kerusuhan bulan lalu menuntut beberapa narapidana dibebaskan karena takut akan infeksi. (Jr.)**

 

.

Categories:Internasional,
Tags:,