Pegawai Sampoerna Positif Corona Bertambah 29 Orang

Pegawai Sampoerna Positif Corona Bertambah 29 Orang

Para karyawan pabrik rokok PT HM Sampoerna Jatim. (foto - ist)

Surabaya - Berdasarkan hasil tes swab dari klaster pabrik rokok PT HM Sampoerna di Kali Rungkut Surabaya terus bertambah. Total, karyawan pabrik rokok Sampoerna yang dinyatakan positif mencapai 65 orang, di mana 2 di antaranya telah meninggal dunia.

Menurut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, ada 29 pegawai Sampoerna lagi yang positif berdasarkan tes swab PCR gelombang kedua. Pada tes swab gelombang sebelumnya, ada 34 karyawan yang dinyatakan positif Corona, dan 2 orang meninggal pada 14 April lalu.

"Untuk tes swab tahap kedua tadi malam, kami dapat hasil lagi 29 yang positif. Tentunya mereka membutuhkan perawatan di rumah sakit," katanya, Minggu (3/5/2020).

Untuk klaster pabrik rokok Sampoerna itu sendiri, masih ada ratusan karyawan yang menunggu giliran untuk dilakukan test swab. Besarnya jumlah itu Pemprov Jatim secara intensif melakukan koordinasi dengan manajemen PT HM Sampoerna.

"Ini yang sedang dikoordinasikan, bagaimana klaster baru itu bisa teratasi dengan baik dan penyebarannya bisa dihentikan. Sebab, produksi di pabrik Kalirungkut juga sudah ditutup pada 27 April," katanya.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim dr. Joni Wahyuhadi mengakui, hingga saat ini pihaknya masih melakukan tracking dari mana awal dua karyawan pabrik Sampoerna yang meninggal itu tertular Corona.

Menyoal kabar sebelum meninggal, salah satu karyawan itu sempat pulang ke daerah asalnya, dr. Joni tidak membantahnya. Ia juga menegaskan, meski tak menyebut dari mana daerah asal karyawan itu, area itu sudah dinyatakan merah.

"Ya mungkin saja tertular dari daerah asal. Apalagi, saya nggak akan sebut daerah mana, namun daerah itu sudah dinyatakan merah. Untuk itu, masih kita tracing lebih jauh," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,