Tangani Longsor di TPU Cikutra Pemkot Koordinasi BBWS

Tangani Longsor di TPU Cikutra Pemkot Koordinasi BBWS

Penanganan longsor Sungai Cidurian di area TPU Cikutra Bandung. (foto - humas)

Bandung - Petugas tempat pemakaman umum (TPU Cikutra Bandung langsung melakukan pemakaman puluhan mayat yang tergerus longsor. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kekhawatiran terjadi hujan, sehingga kejadian serupa tak akan terjadi.

Sedikitnya ada tiga titik di TPU tersebut yang mengalami longsor. Untuk itu pihak Pemkot Bandung berkoordinasi dengan Badan Besar Wilayah Sungai (BBWS), sebagai yang bertanggung jawab akan urusan sungai.

"Koordinasi dengan BBWS, karena pada prinsipnya anggaran pembangunan sungai ada di BBWS, maka harus dilakukan koordinasi dengan mereka," kata Walikota Bandung Oded M Danial, Minggu (3/5/2020).

Kejadian longsor itu sendiri disebabkan karena hujan deras sehingga menyebabkan tergerusnya tanah hingga mengakibatkan longsor. Dengan demikian, penanganan dan langkah ke depannya dikoordinasikan dengan pihak BBWS.

Sebelumnya, Camat Cibeunying Kaler Suardi menjelaskan, makam yang longsor terjadi di tiga wilayah, yakni blok E, blok F, dan di tanah wakaf seberang blok F. Ketiga lokasi tersebut berbatasan langsung dengan Sungai Cidurian, yang sebelumnya juga pernah mengalami longsor.

"Di blok E ada 12 makam yang longsor, alhamdulillah sudah bisa dievakuasi dan dimakamkan kembali. Di blok itu ada 15 makam lagi yang rawan tergerus. Itu juga akan segera diperbaiki," katanya.

Selain itu, ada 4 makam di blok F yang tergerus, namun tidak sampai longsor hanya rusak pada kirmirnya. Pihaknya sudah memindahkan makam-makam di lokasi tersebut. "Ada satu lagi tanah yang seberang blok F. Ini tanah wakaf makam keluarga. Ada 4 yang tergerus dan sudah dipindahkan," tegasnya.

Selain itu, pihak keluarga jenazah sempat berdatangan untuk menengok proses evakuasi makam. Sebagian jenazah sudah tidak dikenali jasadnya karena batu nisan ikut hanyut terbawa arus sungai.

"Kepada keluarga yang jenazahnya dimakamkan di sekitar bantaran Sungai Cidurian, mohon untuk sering-sering dilihat. Apalagi yang sejajar atau di atas bantaran sungai, khususnya blok E dan blok F," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,