10 WNI di Jerman Positif Covid-19, Seorang Meninggal Dunia

10 WNI di Jerman Positif Covid-19, Seorang Meninggal Dunia

Suasana lockdown di salah satu restoran di Jerman. (foto - Associated Press)

Jakarta - Kementerian  Luar  Negeri  (Kemenlu)  RI  terus  memantau  perkembangan  WNI  yang  tinggal  di  luar  negeri  di tengah pandemi Covid-19. Khusus di Jerman, saat ini terkonfirmasi ada 10 WNI yang positif terjangkit Covid-19.

Demikian disampaikan Menlu RI Retno LP Marsudi dalam konferensi pers media asing, Rabu (6/5/2020). Menurut Retno, saat ini ada 21.480 WNI yang tinggal di Jerman. "Ada 10 kasus positif warga Indonesia di Jerman, enam orang sembuh, tiga sedang dirawat dan satu orang dilaporkan meninggal," katanya.

Menurutnya, perlindungan WNI di luar negeri saat ini menjadi prioritas pihaknya. Kemenlu terus memantau perkembangan dan kesehatan warga yang terinfeksi, dengan melibatkan bantuan komunitas lokal Indonesia di luar negeri dan melalui platform daring. "Mereka yang sekolah dan memiliki kontrak kerja panjang masih di Eropa," tegas Retno.

Ia juga menyampaikan, per 5 Mei ada 590 kasus Covid-19 yang melibatkan warga negara asing (WNA) di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 92 positif, 314 ODP, 164 sembuh, 17 meninggal dan tiga kasus belum terkonfirmasi.

Pada 5 Mei sebanyak 12.990 WNI kru kapal pesiar telah kembali ke Indonesia. Mereka datang dari 21 negara dan bekerja di 80 kapal pesiar. Sehari sebelumnya, 200 lebih kru telah tiba di Indonesia dan pada 3 Mei, 468 kru terdata telah tiba di tanah air.

Para kru kapal pesiar tersebut tercatat masuk melalui Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Soekarno-Hatta, Pelabuhan Tanjung Benoa Bali serta dan Pelabuhan Tanjung Priok. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,