Warga Tewas Tertimbun 8 Jam Longsor Leuwisadeng Bogor

Warga Tewas Tertimbun 8 Jam Longsor Leuwisadeng Bogor

Longsor terjang Kampung Seluduk Desa Wangun Jaya Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor. (foto - ist)

Bogor  -  Petugas  akhirnya  mengevakuasi   korban  longsor   warga  Kampung  Seluduk   Desa  Wangun  Jaya  Kabupaten Bogor bernama Syamsu, yang tertimbun longsor sekitar 8 jam. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Korban atas nama Syamsu sudah ditemukan dan sudah dievakuasi dalam kondisinya meninggal dunia," kata Kasie Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Muhamad Adam, Rabu (13/5/2020).

Menurut penuturan warga sekitar Ahmad Yusuf, korban Syamsu tertimbun di dalam rumahnya yang ambruk tersapu longsor. Saat kejadian, warga sempat berusaha mengevakuasi korban dari reruntuhan. Namun warga memilih bubar karena longsor susulan kembali terjadi.

"Syamsu itu tertimbun rumah ketika ada longsor kedua. Warga coba angkat korban tapi saat coba diangkat tiba-tiba ada longsor lagi, sehingga semuanya langsung kabur. Syamsu enggak keburu keangkat, langsung ketimpa longsor lagi," kata Yusuf.

Korban yang tidak sempat terevakuasi kemudian kembali tertimbun longsor susulan. Hingga akhirnya, tim BPBD Kabupaten bersama relawan lainnya datang dan mengevakuasi korban dari timbunan tanah dan rumah.

"Korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 11.15 WIB dalam kondisi meninggal dunia," tegas Adam. Longsor yang menerjang Kampung Seluduk Desa Wangun Jaya Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor, terjadi sekitar pukul 01.00 WIB.

Sebelum longsor terjadi, kawasan Desa Wangun Jaya diguyur hujan deras. Tidak lama kemudian, tebing bukit yang berada di belakang Kampung Seluduk tiba-tiba ambrol.

Dalam kejadian tersebut, sedikitnya 14 rumah tertimbun tanah dan seorang meninggal dunia. Tidak hanya merusak bangunan rumah, longsor juga merusak puluhan hektar sawah dan menewaskan belasan hewan ternak. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,