Bentrok Massa Dua Desa Pecah di Jambi, Ada Korban Tembak

Bentrok Massa Dua Desa Pecah di Jambi, Ada Korban Tembak

Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji damaikan bentrok massa dua dusun di Kabupaten Bungo Jambi. (foto - ist)

Bungo - Bentrok massa terjadi antara Dusun Candi Kecamatan Tanah Sepenggal dan Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Jambi. Satu orang kena tembak dan dirawat intensif di Rumah Sakit Bungo.

Berdasarkan informasi, peristiwa bentrokan pemuda di dua dusun tersebut terjadi pada Kamis 14 Mei dinihari sekitar pukul 02.00 WIB. Akibat kejadian itu belasan kendaraan motor dibakar hingga hangus.

Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji, membenarkan adanya bentrokan pemuda di antara dusun tersebut. "Lokasi kejadian tepat di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas dan Kecamatan Tanah Sepenggal Bungo. Atas kejadian itu belasan motor dibakar," katanya.

Menurutnya, sebelum kejadian pada Rabu 13 Mei 2020 sekitar pukul 23.40 WIB juga terjadi selisih paham yang berlokasi di perbatasan Dusun Tenam-Candi. Pemuda Dusun Lubuk Landai dengan Dusun Candi di mana massa Dusun Lubuk Landai berupaya menyerang ke Dusun Candi dan setibanya di Dusun Candi, massa Lubuk Landai sudah di tunggu oleh massa Dusun Candi.

"Dalam aksi itu terjadi pembakaran delapan motor milik warga Dusun Lubuk Landai dan satu orang korban luka tembak senapan angin di punggung kanan atas. Korban bernama Rio dari Dusun Lubuk Landai dan langsung dilarikan ke Puskesmas Pasar Lubuk Landai," katanya, Kamis (14/5/2020).

Trisaksono menjelaskan, saat kejadian massa dari Lubuk Landai mendatangi Dusun Candi sekitar 600 orang, dengan cara jalan kaki. Sekitar pukul 02.00 WIB massa Dusun Candi makin anarkis dan melakukan pelemparan terhadap massa Dusun Lubuk Landai.

"Kendaraan Dinas Polres Bungo dan Camat Tanah Sepenggal pun rusak, sehingga massa Dusun Lubuk Landai mundur dan standby di Dusun Pasar Rantau Embacang".

Sekitar pukul 02.15 WIB warga Dusun Candi melakukan pembakaran kendaraan warga Dusun Lubuk Landai, hingga sekitar 12 unit roda dua tertinggal di depan rumah sekretaris dusun.

Trisaksono menambahkan, saat tiba di lokasi kejadian Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas dan Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo, dirinya langsung memberikan pemahaman dan mediasi warga.

"Saat kita mendamaikan para pemudah dari dua dusun tersebut, semua aparatur pemerintah berada di lokasi. Antara lain Polri, TNI dan Satpol PP, kita harapkan tidak terulang kembali," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,