Lebaran, Dishub Kota Bandung Tidak Periksa Bus di Terminal

Lebaran, Dishub Kota Bandung Tidak Periksa Bus di Terminal

Untuk tahun ini Dishub Kota Bandung tak periksa kelaikan bus di terminal. (foto - ant)

 

Bandung - Menghadapi Lebaran 2020 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung tidak memeriksa kelaikan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP). Bus yang melayani kedua trayek itu beroperasi melalui Terminal Penumpang Leuwipanjang dan Terminal Penumpang Cicaheum.

"Untuk tahun ini tidak ada angkutan Lebaran, sehingga bus yang beroperasi secara reguler," kata Kasi Pengujian Dishub Kota Bandung, Dede Agus, Selasa (19/5/2020).

Ia mengatakan, dengan tidak digelarnya angkutan lebaran dipastikan bus yang beroperasi tidak ada penambahan. Hal itu terjadi karena adanya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), akibat merebaknya virus Corona yang tidak akan ada lonjakan penumpang.

"Jadi, Dishub Kota Bandung tidak perlu mengerahkan penguji di kedua terminal tipe A itu," katanya. Padahal, biasanya setiap bus di terminal diperiksa kelaikannya, karena menjelang lebaran selalu ditandai dengan melonjaknya calon penumpang yang akan mudik. Terutama mulai tujuh hari sebelum lebaran atau H-7.

"Kami selalu menerima surat dari Kementerian Perhubungan untuk melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan lebaran di terminal," katanya. Namun, untuk Lebaran 2020 ini Dishub Kota Bandung tidak ada tugas untuk memeriksa kelaikan di terminal. Alasannya, lebaran kali ini tidak digelar angkutan lebaran.

Calon penumpang mudik lebaran yang bertujuan ke arah barat kata Dede Agus, biasanya melalui Terminal Penumpang Leuwipanjang dan pemudik tujuan ke timur berdatangan di Terminal Penumpang Cicaheum. Dengan lonjakan calon penumpang yang cukup tinggi, pelayanan bus secara reguler dipastikan tidak akan mampu menampung.

Selama angkutan lebaran biasanya dilakukan penambahan armada. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan agar selama beroperasi tetap laik jalan. Diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jasa bus. (DY)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,