Roket Prototipe Starship SN4 Milik SpaceX Meledak di Texas

Roket Prototipe Starship SN4 Milik SpaceX Meledak di Texas

Ledakan roket prototipe Starship SN4 buatan SpaceX di Texas. (foto - screenshot)

Texas - Prototipe  roket  Starship  SpaceX  meledak  saat menjalani  uji  coba.  Insiden  itu  terjadi  hanya  sehari  sebelum peluncuran bersejarah NASA dan SpaceX.

Ledakan terjadi saat prototipe itu melakukan uji coba mesin statis, pada Jumat 29 Mei waktu setempat yang berlangsung di fasilitas SpaceX di Boca Chica Texas. Prototipe Starship SN4 meledak pada pukul 13.49 waktu setempat.

Dilansir Space, Sabtu (30/5/2020) ledakan terjadi sekitar satu menit setelah mesin roket Raptor diuji coba, belum diketahui apa yang menyebabkan ledakan itu. Dampak dari ledakan menimbulkan bola api raksasa, bahkan goncangannya terasa hingga jarak tiga kilometer.

Sesuai namanya, Starship SN4 merupakan prototipe kesekian yang dikembangkan oleh SpaceX. Perusahaan besutan Elon Musk itu pertama kali menciptakan prototipe Starship Mk1, yang kemudian hancur setelah tes tekanan pada November 2019.

Starship SN4 termasuk prototipe paling awet, karena telah menjalankan uji coba paling banyak. Uji coba mesin statis yang kelima kalinya dilakukan kali ini memang berakhir tragis. SpaceX sendiri telah membangun prototipe lainnya, Starship SN5. Prototipe baru itu akan menjalani serangkaian uji coba lainnya setelah pendahulunya hancur.

Diketahui, Starship merupakan roket terbesar yang dikembangkan SpaceX dengan tinggi sekitar 50 meter. Ditenagai mega booster Super Heavy, roket itu dibuat dengan tujuan utama untuk membawa manusia mendarat di Mars.

Pada bulan lalu, NASA memilih Starship sebagai salah satu pesawat antariksa yang berpartisipasi dalam program Artemis, utamanya untuk mendaratkan astronaut di Bulan pada 2024.

Ledakan prototipe Starship itui terjadi saat SpaceX tengahmenghitung mundur peluncuran bersejarah menggunakan roket lain. Roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon dijadwalkan untuk mengantarkan dua astronaut NASA menuju International Space Station.

Misi yang disebut Demo-2 itu dijadwalkan meluncur, pada Sabtu 30 Mei pada pukul 15.22 waktu setempat dari Kennedy Space Center di Florida AS. Ini akan menjadi peluncuran berawak pertama yang dilakukan SpaceX, sekaligus astronaut pertama meluncur dari Amerika Serikat dalam sembilan tahun. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,