Longsor Tebing di Cilawu Tutup Ruas Jalan Garut - Tasikmalaya

Longsor Tebing di Cilawu Tutup Ruas Jalan Garut - Tasikmalaya

Petugas bersihkan material longsor di Kecamatan Cilawu. (foto - ist)

Garut - Longsor tebing terjadi di wilayah Kecamatan Salawu hingga menutupi ruas Jalan Garut - Tasikmalaya setelah diguyur hujan deras, Minggu (31/5/2020) dinihari. Jalan provinsi di perbatasan Garut -Tasikmalaya itu pun sempat terputus.

Danramil Cilawu Kapten Inf Edi Subekti mengatakan, longsor menutup akses jalan provinsi dari kedua jalur. Longsor tepatnya terjadi di Kampung Cigangsa Desa Sukamaju Kecamatan Salawu.

"Longsor berasal dari perbukitan di sepanjang jalan provinsi. Akibatnya menutup sekitar 60 meter jalan utama menuju Singaparna Kabupaten Tasikmalaya," kata Edi. Selain menutup akses jalan, longsor juga merusak sebuah pabrik.

Longsor pun mengancam enam rumah yang ditinggali 10 kepala keluarga. "Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Petugas sudah membersihkan material longsoran sehingga kendaraan kembali bisa lewat," katanya.

Untuk membersihkan material longsor alat berat milik Dinas PUPR pun diturunkan ke lokasi. Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan mengatakan, penyebab longsor akibat hujan deras dan adanya bekas galian tanah di dekat pabrik pemotongan kayu.

"Diketahui, kontur tanahnya di sekitar lokasi kejadian labil serta tidak ada TPT (Tembok Penahan Tanah). Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 02.43 WIB dinihari," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,