Dibubarkan ratusan wisatawan kemping di bukit Bandawasa

Dibubarkan ratusan wisatawan kemping di bukit Bandawasa

Ratusan wisatawan kemping di Bukit Bandawasa Bogor dibubarkan paksa. (foto - ist)

Bogor  -  Ratusan   wisatawan  memadati  dan  kemping  di   lokasi  wisata  perkemahan  alam  Bukit  Badawasa  Kampung Palalangon Desa Pasirjaya Kecamatan Cigombong Bogor Jawa Barat di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pemerintah Kabupaten Bogor pun langsung membubarkan dan menutup lokasi itu. "Mereka dibubarkan secara persuasif karena kondisi saat ini masih PSBB. Kami prihatin karena belum ada kesadaran dari warga untuk tidak berkerumun," kata Plt Camat Cigombong Asep Achdiat, Senin (1/6/2020).

Menurutnya, tidak ada perlawanan saat pembubaran wisatawan yang berkemah di lokasi. Meski jelang new normal, pihaknya memberikan edukasi terkait aturan PSBB yang masih berlaku. "Untuk sementara sampai nanti massa PSBB berakhir lokasi akan ditutup," katanya.

Asep menjelaskan, setelah new normal berlaku wisata akan kembali dibuka, namun pengelola wajib mematuhi ketentuan yang sudah diatur dalam kondisi new normal. Yakni dengan protokol kesehatan Covid-19 memakai masker, social distancing dan tidak berkerumun satu tenda dengan tenda lain.

Semengtara itu, Kapolsek Cijeruk Komisaris Polisi Nurahim menyatakan, wisatawan agar tidak menjadikan PSBB sebagai ajang wisata. Pihak kepolisian telah menindak tegas khususnya terhadap pihak pengelola.

"Kami tidak menginginkan adanya masyarakat nantinya yang tertular virus Corona (Covid-19), akibat adanya kerumunan atau perkumpulan kemah di lokasi tersebut," katanya.

Seperti diketahui, Bandawasa dikenal sebagai salah satu bukit yang berada di atas awan. Dari lokasi tersebut, gunung berselimut awan pun menyuguhkan panorama yang indah bak di dalam film fantasi.

Dalam kaitan itu, sebuah unggahan viral di media sosial Twitter di mana dalam foto dan video, tampak kalangan wisatawan berkerumun saat berkemah di lokasi tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,