Ledakan Pabrik Pestisida di India 8 Orang Tewas Puluhan Terluka

Ledakan Pabrik Pestisida di India 8 Orang Tewas Puluhan Terluka

Pabrik pestisida di Gujarat India barat meledak. (foto - AFP)

New Delhi - Sedikitnya delapan orang dilaporkan tewas dan 57 orang lainnya mengalami luka bakar, menyusul ledakan yang terjadi di pabrik pestisida di India barat.

Dilansir AFP, Kamis (4/6/2020) insiden tersebut terjadi lantaran sebuah tangki penyimpanan meledak di pabrik tersebut. Atas kejadian itu, setidaknya 5 ribu orang yang berada dekat lokasi kejadian terpaksa dievakuasi.

"Hampir 5.000 orang yang tinggal di dua desa dekat pabrik di Distrik Bharuch di negara bagian Gujarat tersebut dievakuasi, sebagai tindakan pencegahan setelah tangki penyimpanan meledak," kata pejabat setempat.

Pihak pemadam sempat mengalami kesulitan untuk memadamkan api setelah insiden tersebut. Pejabat setempat memastikan, tidak ada kebocoran gas beracun yang bisa membahayakan lingkungan sekitar akibat ledakan tersebut.

"Tidak ada kebocoran gas sehingga tidak ada ancaman terhadap penduduk terdekat," sebutnya. Kecelakaan industri sering terjadi di India karena standar keselamatan yang terkadang longgar.

Banyak pabrik telah memulai beroperasi karena penguncian Corona India semakin berkurang. Bulan lalu 12 orang tewas dalam kebocoran gas di pabrik bahan kimia di Visakhapatnam di India timur, milik LG Chem Korea Selatan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,