Enam Tentara Tewas Saat Gencatan Senjata

Enam Tentara Tewas Saat Gencatan Senjata

Ukraina Army.(Foto:Net)

Kiev - Militer Ukraina, Jumat (5/12/2014), mengatakan kehilangan enam tentara dalam 24 jam belakangan, kendati Kiev dan pemberontak berjanji menjanjikan gencatan senjata baru sehari sebelumnya.

"Dalam hari belakangan, kami kehilangan enam tentara. Sejumlah 13 orang cedera," kata juru bicara Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Andry Lysenko kepada wartawan.

Angka itu adalah salah satu dari yang tertinggi yang dilaporkan angkatan bersenjata Ukraina dalam beberapa pekan belakangan ini.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko dan para pemimpin separatis wilayah-wilayah Lugansk dan Donetsk pro-Rusia Kamis mengatakan mereka telah mencapai satu kesepakatan untuk menghentikan konflik delapan bulan mereka pada 9 Desember.

Pengumuman yang mengejutkan itu datang beberapa hari setelah kedua pihak sepakat melakukan gencatan senjata di daerah sekitar bandar udara internasional Donetsk yang dikuasai pemberontak.

Tetapi gencatan senjata lokal itu berulang-ulang dilanggar dan tetap tidak menentu apakah kesepakatan Selasa depan itu akan ditaati.

PBB memperkirakan perang itu telah menewaskan lebih dari 4.300 orang dan menyebabkan hampir satu juta orang meninggalkan rumah-rumah mereka. (AY)

.

Categories:Internasional,