PSSI akhirnya Sepakati Kompetisi Liga 1 dan 2 2020 Berlanjut

PSSI akhirnya Sepakati Kompetisi Liga 1 dan 2 2020 Berlanjut

Logo PSSI.

Jakarta  -  Lewat  berbagai  pertimbangan,  PSSI  akhirnya   resmi  memutuskan  untuk  melanjutkan  kompetisi  Liga  1 dan Liga 2 musim 2020. Putusan itu diambil Exco PSSI setelah melalui berbagai tahapan.

Salah satunya, diskusi dengan klub-klub peserta Liga 1 dan 2. Dari hasil diskusi tersebut, PSSI menemukan kesimpulan, mayoritas klub mau kompetisi dilanjutkan. PSSI juga sudah berkoordinasi dengan Asosiasi Pelatih Sepakbola Indonesia (APSSI), dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Dari hasil pertemuan dengan dua elemen tersebut, PSSI menemukan fakta mereka juga mau kompetisi dilanjutkan. "Usai kompetisi dihentikan, kami intens berkomunikasi dengan klub. Mereka sepakat, kompetisi dilanjutkan. Kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam situs resmi, Jumat (19/6/2020).

Meski demikian, PSSI tidak merilis bagaimana format Liga 1 dan Liga 2 nantinya. Mengenai sejumlah opsi kompetisi antara lain pertandingan terpusat di Pulau Jawa dan peniadaan degradasi, belum ada dalam pengumuman tersebut.

Iwan Bule mengklaim, Asosiasi Pesepakbola Profesional (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APPSI) sepakat dengan keputusan untuk melanjutkan kompetisi. Sebelum memutuskan untuk menggelar kembali Liga, PSSI juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi.

Antara lain Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Gugus Tugas Covid-19. Tentunya kelanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT Liga Indonesia Baru juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan kelanjutan kompetisi kepada PSSI.

"Termasuk timeline penyelenggaraan dan berakhirnya kompetisi. Saat ini, PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nantinya seperti regulasi kesehatan, permainan, media dan lain-lain," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi.

Suasana pertemuan darurat PT LIB dan PSSI terkait agenda Liga 1 dan Liga 2. (foto - LIB)

Sementara itu, bagaimana dengan pernyataan Madura United (MU) yang menolak kelanjutan Liga 1. Direktur Madura United Haruna Soemitro menjawab tentang nasib Madura United yang awalnya memilih absen jika kompetisi dilanjutkan. Ia pun akhirnya melunak dan menghormati keputusan PSSI.

"Ada kepentingan yang lebih besar yaitu bangsa ini tidak boleh menyerah dan berpangku tangan menghadapi semua bencana sekalipun. Pengambilan keputusan demokratis melalui suara terbanyak setuju kompetisi dilanjutkan," katanya.

Seperti diketahui, Haruna sebelumnya mengatakan pihaknya tidak menyetujui Liga 1 musim 2020 dilanjutkan. Alasannya, jika dilanjutkan akan berisiko untuk kesehatan dan keselamatan berbagai pihak terkait pandemi virus Corona.

"Amanat rakyat terhadap kita adalah pengurus sepakbola adalah kompetisi. Jika kompetisi ini terhenti maka saya bukan pengurus sepakbola lagi. Maka saya menghormati apapun keputusan yang diambil. Jika keputusan itu berbeda dengan pendapat saya, karena sudah melalui keputusan bersama, saya menghormati dan melaksanakan apapun keputusan yang diambil. Saya setuju apapun keputusan suara terbanyak, suara terbanyak suara tuhan," lanjutnya. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,