Jalan Antara Kecamatan Salopa dengan Cikatomas Tasik Amblas

Jalan Antara Kecamatan Salopa dengan Cikatomas Tasik Amblas

Jalan penghubung antara Salopa dan Cikatomas Tasikmalaya amblas. (foto - BPBD Kab Tasik)

Tasikmalaya - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis 18 Juni malam, menyebabkan jalur penghubung antara Kecamatan Salopa dan Cikatomas, Pancatengah dan Cikalong amblas.

Lokasi jalan amblas tepatnya terjadi di Desa Lengkong Barang Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedin mengatakan, jalan kabupaten itu amblas sepanjang 15 meter, dengan kedalaman hampir 2 meter.

Akibatnya untuk sementara waktu, jalan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan kecil. "Kendaraan kecil masih bisa melintas tapi dengan hati-hati, sedangkan bus dan truk belum bisa melintas," kata Nuraedin, Jumat (19/6/2020).

Selain menghubungkan tiga kecamatan di wilayah Tasikmalaya selatan katanya, jalur itu juga menghubungkan Tasik dengan Kabupaten Pangandaran melalui Kecamatan Cigugur. Praktis, jalur menuju Pangandaran terdampak.

"Untuk alternatif tidak ada lagi jalan, kebetulan ini satu-satunya akses utama. Kita akan bekerja semaksimal mungkin, mudah-mudahan kedaruratan ini bisa segera diatasi," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menurunkan relawan ke lapangan. Bersama Dinas PU, TNI, Polri dan masyarakat, mereka bahu membahu untuk membersihkan jalan dari material longsoran.

Selain terjadi di Kecataman Cikatomas, longsor juga terjadi di Kecamatan Sukaraja yang menjadi jalur penghubung dengan Kecamatan Karangnunggal. Panjang longsoran di lokasi hampir 20 meter, dengan ketinggian 10 meter. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,