Gunung Merapi Erupsi Tinggi Kolom Abu Capai 6 Ribu Meter

Gunung Merapi Erupsi Tinggi Kolom Abu Capai 6 Ribu Meter

Salah satu letusan Gunung Merapi. (foto - ant)

Sleman - Gunung  Merapi  yang  berada  di  wilayah  Kabupaten  Sleman  (perbatasan  antara  Jateng  dan  DI  Yogyakarta) kembali mengalami dua kali erupsi, Minggu (21/6/2020) pada pukul 09.13 dan 09.27 WIB. Tinggi kolom erupsi pertama sekitar 6.000 meter dari puncak Gunung Merapi, sedangkan arah angin saat terjadi erupsi mengarah ke barat.

Erupsi kedua dengan amplitudo 75 milimeter terjadi selama 100 detik, namun tinggi kolom tidak teramati. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II (waspada).

Sementara radius bahaya ditetapkan berada pada tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. "Karakter erupsi masih sama, yakni didominasi gas. Sedangkan untuk tinggi kolom juga fluktuatif," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida.

Sepanjang paruh pertama 2020, Gunung Merapi tercatat mengalami erupsi hampir setiap bulan. Jika ditotal erupsi sudah terjadi sebanyak 10 kali. Erupsi Januari misalnya, Merapi mengeluarkan awan panas guguran meski tidak terpantau secara visual karena cuaca berkabut.

Hujan abu guyur Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Magelang.

 

Berdasarkan data BPPTKG Yogyakarta, awan panas guguran terjadi pada pukul 20.36 WIB. Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi kurang lebih 105 detik. Erupsi berikutnya teramati setinggi 2.000 meter.

Data BPPTKG Yogyakarta menyebutkan, erupsi Gunung Merapi terekam di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 150 detik. Arah angin ke barat laut. BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada.

Sepanjang bulan Maret terjadi 5 kali erupsi mengakibatkan munculnya kolom abu setinggi 6.000 meter dari kawah gunung. Muncul pula awan panas ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,