Angka Reproduksi Covid-19 di Kota Bandung Turun Jadi 0,62

Angka Reproduksi Covid-19 di Kota Bandung Turun Jadi 0,62

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Balaikota Bandung. (foto - humas)

Bandung  -  Angka  reproduksi  kasus  Corona  (Covid-19)  Kota  Bandung  yang  sebelumnya  berada  di  angka  1,09 turun menjadi 0,62. Hal itu sejalan dengan turunnya kasus positif di Bandung sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional pada 13 hingga 22 Juni.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, turunnya angka reproduksi kasus Corona di Bandung terjadi sejalan dengan menurunnya angka kasus positif baru, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

"Reproduksi itu sudah disinkronkan dengan provinsi, kita berada di 0,62 selama PSBB kedua. Artinya di bawah satu, saya senang," kata Ema kepada wartawan di Balaikota Bandung, Selasa (23/6/2020).

Berdasarkan informasi yang diterima Ema, angka kasus di Bandung mengalami penurunan sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional sejak tanggal 13 hingga 22 Juni lalu.

ODP turun dari 265 saat ini tinggal 253 orang, PDP pun turun dari 158 menjadi 150 orang. Sedangkan kasus positif sebelumnya sebanyak 138 turun menjadi 103 orang. "Sejak PSBB proporsional kedua hingga tanggal 22 Juni jumlahnya 103 yang positif, ini luar biasa turunnya," katanya.

Ema menjelaskan, keberhasilan Kota Bandung dalam mengendalikan pandemi Corona tak terlepas dari pengetesan yang dilakukan di sejumlah titik. Selain itu, tak terlepas dari kinerja para tenaga kesehatan yang berjuang di garda depan dalam menangani pandemi.

"Petugas sudah banyak yang tidak menangani pasien Covid-19, serta tempat tidur di rumah sakit rujukan semakin berkurang yang dipakai oleh pasien. Ini yang saling menguatkan data, jadi tidak ada yang saling kontradiksi," tegas Sekda Kota Bandung itu. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,