Dinkes Kota Bandung Gelar Tes Swab Petugas di 10 Puskesmas

Dinkes Kota Bandung Gelar Tes Swab Petugas di 10 Puskesmas

Swab test yang digelar Dinkes Kota Bandung. (foto - ant)

Bandung - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung melakukan swab test para pegawai dan tenaga medis di 10 puskesmas di wilayah Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita menyatakan, swab test dilakukan secara bergiliran ke setiap karyawan dan pegawai puskesmas. Saat karyawan dan tenaga medisnya diswab test, puskesmas pun disterilisasi.

Sebab, saat sterilisasi dilakukan, puskesmas harus dalam keadaan kosong sehingga layanan pun ditutup untuk sementara waktu. "Kami menggunakan alat sterilisasi khusus. Syaratnya tidak boleh ada (orang) saat sterilisasi," kata Rita di Balaikota Bandung, Rabu (1/7/2020).

Menurutnya, di Kota Bandung total ada 80 puskesmas, namun baru sekitar 40 puskesmas yang telah dilakukan strerilisasi. "Sekarang 40 puskesmas, jadi masih berjalan terus hingga total 80 puskesmas," tegas Rita.

Dari 30 puskesmas yang sudah melakukan swab test, ada 27 tenaga medis yang dinyatakan positif Covid-19. Waktu dilakukan sterilisasi di setiap kecamatan pun berbeda, ada yang dua hari ditutup, bahkan sampai waktu yang tidak ditentukan. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,