Vaksin Covid-19 Cina Masuk Uji Klinis di Bio Farma Bandung

Vaksin Covid-19 Cina Masuk Uji Klinis di Bio Farma Bandung

Penelitian virus Covid-19. (foto - ilustrasi)

Jakarta  -  Vaksin  Covid-19  asal  Cina  yang  telah  masuk ke  Indonesia  langsung  dilakukan  uji klinis  tahap  tiga di  PT Bio Farma (Persero) sebelum diedarkan ke masyarakat. Vaksin dari Cina tersebut baru saja tiba di Jakarta, pada Minggu 19 Juli kemarin.

"Ya, vaksin tersebut telah masuk Indonesia (Jakarta) pada hari Minggu 19 Juli kemarin," sebut Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah, Senin (20/7/2020).

Begitu tiba di Indonesia vaksin itu diserahkan ke PT Bio Farma (Persero) dan langsung dibawa ke Bandung untuk mulai dilakukan uji coba klinis ke manusia. Namun, Teuku tak memberi detail uji coba di Bandung, dan akan melibatkan berapa relawan dalam proses itu.

"Sepengetahuan saya pihak Bio Farma sudah menerima kargo tersebut sejak ketibaan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, dan selanjutnya langsung dibawa ke Kota Bandung," katanya.

Sebelumnya, Bio Farma mengumumkan bakal melakukan uji klinis vaksin Juli 2020 itu yang akan dikembangkan bersama tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) Bandung. "Uji klinis fase 3 nanti kita lakukan bersama dengan FK Unpad," kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Menurutnya, uji klinis vaksin ini akan diujicobakan langsung ke manusia untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya dalam mencegah virus. Untuk bibit dan konsentrat vaksin dari Sinovac dibawa dari Cina. "Vaksin untuk uji klinis dari Sinovac, untuk produksi kita menggunakan bulk vaksin dari mereka juga," tambahnya.

Seperti diketahui, penangkal paling ampuh (vaksin Corona) dari Cina telah masuk ke Indonesia. Vaksin buatan Sinovac itu akan menjalani uji klinis tahap III yang dilakukan di PT Bio Farma (Persero).

"Vaksin Sinovac itu memang sudah sampai di Indonesia sekarang dalam proses uji klinis tahap III oleh temen-temen di Biofarma," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Setelah uji klinis vaksin Corona bisa diproduksi di Indonesia.

"Bio Farma memang posisinya di kalangan internasional, di dunia vaksin memang sangat terkenal dan dianggap mampu melakukan pembuatan dan uji klinis. Jangan heran Bio Farma memang dipercaya oleh sejumlah negara diikutsertakan," katanya.

Ia menambahkan, dari informasi yang ia terima vaksin ini bakal berbeda dengan vaksin yang lainnya. Menurutnya, vaksin itu bisa digunakan untuk virus Corona yang berkembang. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,