Gempa 7,8 SR Guncang Wilayah Alaska Berpotensi Tsunami

Gempa 7,8 SR Guncang Wilayah Alaska Berpotensi Tsunami

Wilayah pesisir Chignik Alaska mewaspadai terjadinya tsunami pada Rabu 22 Juli 2020 pagi. (foto - @USGSBigQuakes)

Perryville  -  Gempa  berkekuatan  7,8  pada  skala  Richter  (SR)  mengguncang  Alaska,  sekitar  75  mil di selatan Chignik. Otoritas setempat telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska.

Sistem Peringatan Tsunami AS menyatakan, potensi tsunami diperkirakan akan terjadi dalam satu jam berikutnya di titik-titik sepanjang pantai Alaska. Diketahui, gempa itu berada di kedalaman 10 km, sedangkan gelombang berbahaya mungkin akan terjadi di sepanjang pantai dalam jarak 300 km dari pusat gempa.

"Berdasarkan parameter gempa pendahuluan, gelombang tsunami mungkin terjadi di pantai yang berjarak 300 km dari pusat gempa. Dampak ke pantai California masih dievaluasi oleh Pusat Peringatan Tsunami," tulis pernyataan otoritas setempat.

Dilansir Express, Rabu (22/7/2020) sejauh ini belum diketahui apakah gempa tersebut menyebabkan korban jiwa atau kerusakan. Gempa terjadi di Ring of Fire, yang disebut karena sejumlah besar gempa bumi dan letusan gunung api terjadi di sana.

Gempa berkekuatan 7,8 SR guncang wilayah Alaska. (foto - watchers)
 

"Tempat tidur dan gorden bergerak. Merasa seperti gempa yang sangat panjang. Terasa di Jomer, Ak di Lands End," kata warga. Sementara warga lainnya mengaku merasa pusing saat diguncang gempa tersebut.

"Jika Anda berada di area peringatan tsunami, segera evakuasi diri ke daratan atau tempat yang lebih tinggi, dan di luar zona bahaya tsunami atau pindah ke lantai atas gedung bertingkat, tergantung pada situasi Anda. Keluar dari air, lepas pantai dan menjauh dari pelabuhan, marina maupun teluk," demikian imbauan pemerintah setempat.

Ring of Fire adalah serangkaian gunung berapi dan lokasi gempa potensial yang tersebar di sekitar batas Samudra Pasifik. Hampir 75 persen gunung berapi aktif di bumi terletak di sana, dan hampir 90 persen gempa bumi besar terjadi di dalam dan sekitar zona itu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,