Dua Bule Rusia di Bali Ditangkap Gelar Yoga Massal saat Pandemi

Dua Bule Rusia di Bali Ditangkap Gelar Yoga Massal saat Pandemi

Dua bule Rusia diperiksa di kantor Kemenkum HAM Bali. (foto - ant)

Denpasar - Dua orang Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia ditangkap petugas Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) Provinsi Bali. Kedua orang itu yakni pria bernama Radion Antonkin (40), dan perempuan bernama Albina Mukhamadulina (31).

"Keduanya terbukti menyalahgunakan izin tinggal BVK (exemption), dengan mengadakan kegiatan yoga yang menarik massa dan memungut biaya untuk dirinya secara pribadi (bekerja) di Arte Villa Ubud Gianyar," kata Kepala Sub Bagian Humas Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkum HAM Bali I Putu Surya Dharma, Sabtu (25/7/2020).

Keduanya diamankan di wilayah Ubud Gianyar pada hari yang berbeda. Radion Antonkin diamankan pada Selasa 21 Juli, sedangkan Albina Mukhamadulina ditangkap pada Kamis 23 Juli. Diketahui, warga asing itu masuk ke Indonesia pada 14 Maret 2020 lalu, menggunakan bebas visa dan pada 14 Juli 2020 mereka melakukan kegiatan yoga di Ubud.

"Namun, karena kurangnya alat bukti untuk dilanjutkan proses pidana, maka kedua orang itu untuk dapat dilakukan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan namanya dicantumkan dalam daftar tangkal pada kesempatan pertama," katanya.

Disebutkan, sambil menunggu dideportasi ke negaranya, pada Jumat 24 Juli untuk semengtara keduanya ditempatkan di Rumah Detensi Imigrasi Bali.

"Kedua orang itu dalam kondisi sehat, dan tidak memiliki biaya untuk pulang ke negara asalnya. Setelah dikoordinasikan dengan pihak kedutaan Russia, namun belum ada proses pemulangan WN Russia dari Indonesia khususnya Bali dalam waktu dekat," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,