Tim SAR temukan Pendaki Gunung Manglayang yang hilang

Tim SAR temukan Pendaki Gunung Manglayang yang hilang

Tim SAR temukan pendaki yang tersesat di Gunung Manglayang Kabupaten Sumedang. (foto - ist)

Sumedang  -  Pendaki  yang  sempat  dikabarkan  hilang (tersesat)  di  Gunung  Manglayang  berhasil  ditemukan  oleh  tim search and rescue (SAR) gabungan, Minggu (26/7/2020) dinihari sekitar pukul 00.35 WIB.

Meski dilaporkan selamat, kondisi Agus Febrianto (28) pada saat ditemukan sudah lemas setelah hampir seharian tersesat di gunung tersebut. Korban juga kelaparan dan harus menahan suhu udara dingin gunung tersebut.

Menurut Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung Deden Ridwansah, korban Agus ditemukan dengan jarak sekitar 1,3 kilometer dari lokasi kejadian, yang diperkirakan di sekitar Curug Ciantani Gunung Manglayang.

"Tim SAR gabungan langsung mengevakuasi pendaki yang tersesat tersebut ke Pos Pendakian Baru Beureum," kata Deden dalam keterangannya melalui Humas Basarnas Bandung.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi pencarian korban di gunung itu antara lain Basarnas Bandung, Wanadri, Kompas, Pal Ikopin, Mahatva, Mapali, IEA, PPG Sadawana, Wanapala serta KKT Adventure.

Deden menjelaskan, sekitar pukul 02.00 WIB tim SAR gabungan bersama korban Agus tiba di Pos Pendakian Baru Beureum. Selanjutnya pendaki itu diserahterimakan kepada keluarga. "Dengan telah ditemukannya survivor operasi SAR dinyatakan selesai. Unsur SAR yang terlibat pun kembali ke kesatuan masing-masing," katanya.

Seperti diketahui, Agus Febrianto warga Jalan Karanglayung Dalam Nomor 15 RT 003/010 Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung dikabarkan tersesat di Gunung Manglayang, pada Sabtu 25 Juli sekitar pukul 09.00 WIB. Diduga, Agus tersesat setelah terpisah dari rombongan.

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Bandung, pada awalnya Agus bersama tiga temannya mendaki Gunung Manglayang dari pos pendakian Batu Beureum Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Sekitar pukul 09.00 WIB, korban Agus terpisah dari rombongan hingga dinyatakan hilang karena sampai malam dia belum kembali. Akhirnya, warga melaporkan hilangnya Agus ke Basarnas Bandung pukul 21.00 WIB. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,