Nyaris Seluruh Wilayah Jakarta Masuk Zona Merah Covid-19

Nyaris Seluruh Wilayah Jakarta Masuk Zona Merah Covid-19

Waspadai masuk DKI Jakarta Berisiko Tinggi penyebaran virus Covid-19. (foto- ilustrasi)

Jakarta  -  Penyebaran  virus  Corona  (Covid-19) di  Indonesia  terus  meningkat.  DKI  Jakarta  menjadi  salah  satu provinsi yang menjadi perhatian lantaran dilihat dari zonasi risiko, hampir seluruh wilayah berada pada zona merah.

"Lima wilayah di DKI Jakata semuanya zona merah berisiko tinggi, hanya Kepulauan Seribu masuk risiko sedang. Ini warning," kata Juru bicara satuan tugas percepatan dan penanganan virus Corona (Covid-19) Prof. Wiku Adisasmito dalam siaran pers BNPB, Selasa (28/7/2020).

Apabila dibandingkan dengan pekan lalu (19 Juli 2020), hanya dua wilayah masuk zona merah Corona di DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Bahkan, pada 21 Juni, ada satu daerah zona hijau yakni Kepulauan Seribu, yang saat ini sudah berubah menjadi risiko sedang.

"Dalam minggu terakhir ini tampak kasusnya mengalami peningkatan cukup tajam dibandingkan dengan minggu sebelumnya, dari 1.880 kasus menjadi 2.679. Ini peningkatan yang cukup pesat," tegas Wiku.

Mengenai distribusi kelompok umur, sekitar 80 persen pasien Corona di DKI Jakarta berusia antara 18 - 59 tahun. Dilihat dari kasus meninggal dunia, 80 persen pasien Corona yang meninggal berusia di atas 45 tahun.

Sementara itu, dari jenis kelamin kasus positif relatif hampir berimbang. Kelompok laki-laki persentase positifnya sebanyak 52,13 persen, sedangkan perempuan 47,87 persen. Namun jika dilihat dari jumlah yang meninggal, kelompok laki-laki mendominasi, yakni 61,62 persen.

"Artinya, kita harus betul-betul menjaga kelompok rentan, terutama pada usia lanjut di kelompok jenis kelamin laki-laki," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,