Hagupit Mulai Terjang Wilayah Dekat Dolores

Hagupit Mulai Terjang Wilayah Dekat Dolores

ilustrasi citra satelit menunjukkan pergerakan badai hangupit. (Foto:abc)

Tacloban - Filipina bagian timur mulai diterjang badai Hagupit, yang disertai hujan deras  dengan kecepatan angin sekitar 205 kilometer per jam. Ini setara dengan badai kategori 3, yang melanda wilayah dekat Kota Dolores, pesisir timur Filipina, Pulau Samar, Sabtu malam ini. Namun sejauh ini belum ada laporan mengenai korban dan kerusakan.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (6/12) malam, badai Hagupit jauh lebih kuat di laut. Bahkan mencapai status topan super dengan kecepatan angin lebih dari 240 kilometer per jam, tapi melemah saat mendekati dataran seperti yang telah diperkirakan.

Dolores, sebuah kota berpenduduk sekitar 40 ribu orang dan berjarak 105 kilometer sebelah timur laut dari Tacloban yang luluh lantak diterjang Topan Haiyan, 13 bulan silam.

Sementara untuk mengantisipasi amukan badai Hagupit, Badan Penanggulangan Bencana Filipina pada Sabtu pagi tadi telah mengevakuasi 600 ribu orang warga dari wilayah itu.
Peringatan ancaman topan tersebut juga telah diumumkan di banyak provinsi. Sebab, terjangan angin kencang dapat mengoyak atap rumah dan merusak bangunan. Warga di daerah dataran rendah pun telah diperingatkan kemungkinan banjir bandang dan tanah longsor.

Meski badai Hagupit memutar di utara Tacloban, banyak warga tidak mau mengambil risiko. Mereka sangat menderita ketika Topan Haiyan menerjang pantai pada November lalu, sehingga menewaskan lebih dari 6.000 orang serta menimbulkan kerusakan parah di mana-mana.

Sehari sebelumnya atau Jumat 5 Desember 2014, Walikota Tacloban Alfred Romualdez mengatakan, mereka kini lebih siap dengan mengambil pengalaman amukan Haiyan pada tahun lalu. Banyak warga bahkan menyikapi peringatan badai dengan meninggalkan kota.   "Petugas diharapkan mengevakuasi sekitar 75 ribu orang menjelang kedatangan topan itu," ucap Walikota Noel Rosal. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,