2 Ledakan di Pabrik Bioetanol Mojokerto Berasal dari Tangki

2 Ledakan di Pabrik Bioetanol Mojokerto Berasal dari Tangki

Ledakan pabrik bioetanol di Kabupaten Mojokerto picu kebakaran. (foto - ist)

Mojokerto  -  Ledakan  terjadi  di  pabrik  bioetanol  PT Energi  Agro  Nusantara  (Enero)  di Kabupaten  Mojokerto meledak. Terdengar dua kali terdengar ledakan besar dari pabrik yang berada di Desa Gempolkrep Kecamatan Gedeg itu, membuat warga sekitar berhamburan.

Menurut warga Dusun Sukosewu Desa Gempolkrep Samian, ledakan pabrik Bioetanol tersebut terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Pabrik Bioetanol PT Enero tersebut merupakan anak perusahaan BUMN PTPN X.

Ledakan berasal dari tangki di dalam area pabrik Bioetanol PT Enero. Hanya saja warga pun tidak bisa memastikan isi tangki tersebut. Terdapat jeda waktu sekitar 5 menit dari ledakan pertama ke ledakan kedua.

"Ledakannya dari tangki area pabrik," kata Samian, Senin (10/8/2020). Bahkan, rumah Samian hanya sekitar 20 meter dari sumber ledakan pabrik bioetanol. Ledakan terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Saat itu ia sedang menunaikan salat Ashar di rumahnya.

Setelah ledakan api pun terus berkobar di dalam pabrik bioetanol tersebut. Di dekat kobaran api, terdapat sebuah tangki besar yang rusak parah. Diduga tangki itulah yang meledak.

Hingga sekitar pukul 16.30 WIB, dua mobil pemadam kebakaran (PMK) berada di bagian belakang PT Enero, atau di Dusun Sukosewu. Petugas pun terus berusaha memadamkan api dari balik tembok pabrik. Pemadaman api juga dilakukan dari dalam area pabrik.

Sementara itu, warga berhamburan keluar rumah. Mereka menjauh dari lokasi ledakan pabrik. Namun, sejumlah warga yang penasaran menyaksikan proses pemadaman api. "Warga mengungsi menjauh dari lokasi ledakan karena khawatir terjadi ledakan lagi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,