Lyon Perkasa Melaju ke Semifinal Usai Singkirkan Man City

Lyon Perkasa Melaju ke Semifinal Usai Singkirkan Man City

Olympique Lyon perkasa melaju ke semifinal Liga Champions setelah singkirkan Man City 3 - 1. (foto - Reuters)

Lisbon  -  Manchester  City  harus   mengakui  keperkasaan   lawannya  setelah  tersingkir  di  babak  perempatfinal  Liga Champions 2019 - 2020. Skuad besutan Josep Guardiola tumbang atas Olympique Lyon dengan skor 1-3 di Estadio Jose Alvalade Lisbon Portugal pada Minggu (16/8/2020) dinihari WIB.

Les Gones memimpin laga dengan skor 1-0, lewat gol semata wayang Maxwel Cornet di babak pertama. Man City yang sempat buntu akhirnya mampu menyamakan kedudukan menit ke-69 lewat Kevin De Buryne.

Sepuluh menit berselang, pemain pengganti Moussa Dembele mencetak gol lagi untuk Lyon. Di menit ke-87, dirinya kembali mencetak gol dan mengunci kemenangan menjadi 3-1 bagi Lyon. Hasil itu membawa Lyon melaju ke semifinal dan akan menghadapi wakil dari Jerman, Bayern Munich pada Kamis 20 Agustus dinihari WIB.

Menanggapi kekalahan dari Lyon, gelandang Man City, Kevin De Bruyne mengakui timnya tidak tampil baik. Jika dibandingkan dengan laga-laga Man City lainnya, mereka menampilkan performa di bawah standar saat menghadapi Lyon.

Man City biasanya menampilkan permainan agresif dan menciptakan banyak peluang. Meski di laga kontra Lyon, The Citizens tetap mendominasi penguasaan bola, penyelesaian akhir yang mereka lakukan sangat buruk.

Puncaknya saat Raheem Sterling gagal mengkonversi peluang emas menjadi gol di menit 86. Padahal, Sterling sudah berdiri tanpa pengawalan dan gawang Lyon tidak terkawal dengan baik. Namun, sontekan winger Inggris itu justru melambung.

Jika saja Sterling bisa memanfaatkan peluang itu menjadi gol, Man City kemungkinan besar bisa menghindari kekalahan. Sebab, gol itu pun akan membuat kedudukan menjadi imbang 2-2 dan mendongkrak mental para pemain Man City lainnya.

De Bruyne pun menyoroti buruknya lini pertahanan timnya. Dua gol pertama Lyon bisa dibilang terjadi karena ketidaksigapan bek The Citizens. Sedangkan gol ketiga Lyon tercipta, lantaran Ederson Moraes gagal menangkap bola dengan sempurna.

Bola yang terlepas lalu disambar oleh Moussa Dembele untuk mengubah skor menjadi 3-1. De Bruyne mengakui, hasil buruk itu membuat Man City harus belajar untuk bisa menjadi tim yang lebih baik ke depannya.

"Tim ini hebat tapi kami membuat terlalu banyak kesalahan. Itu yang telah kami lakukan sepanjang tahun. Ini tahun yang berbeda, tetapi hal yang sama. Saya pikir paruh pertama tidak cukup baik. Kami memulai dengan lambat dan tidak memiliki banyak pilihan," sebut De Bruyne, seperti dilansir laman resmi UEFA.

"Saya pikir di babak kedua kami bermain sangat baik. Kami membuat mereka (Lyon) berada di bawah tekanan, kami bermain lebih ofensif, seperti biasanya dan saya pikir kami menguasai mereka. Kami menciptakan cukup peluang di babak kedua untuk mencetak cukup gol. Kami perlu belajar, itu tidak cukup baik," lanjutnya.

Dengan tersingkirnya Man City di Liga Champions, maka The Citizens hanya memperoleh satu trofi di musim kompetisi 2019 - 2020. Adapun trofi yang didapat tersebut adalah Piala Liga Inggris. (Jr.)**

Susunan pemain:

Man City: Ederson, Walker, Garcia, Laporte, Cancelo, Fernandinho (Mahrez 56'), Rodrigo (Silva 83'), Gundogan, De Bruyne, Sterling, Jesus

Olympique Lyon: Lopes, Denayer, Marcelo, Marcal, Dubois (Tete 74'), Cornet, Caqueret, Guimaraes (Mendes 70'), Aouar, Toko Ekambi (Jeff Reine-Adelaide 85'), Depay (Dembele 74')

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,