Pesawat N-250 Melintas di ruas tol Semarang Jadi Perhatian

Pesawat N-250 Melintas di ruas tol Semarang Jadi Perhatian

Trailer angkut pesawat N-250 lewat Tol Banyumanik (Semarang - Solo). (foto - ist)

Semarang  -  Para  pengguna  jalan  di  sepanjang  Tol  Semarang - Solo  dikagetkan  dengan  badan  Pesawat  N-250  yang turut melintas di ruas tol tersebut. Pesawat kebanggaan dan ikon Indonesia karya BJ Habibie itu diangkut, menempuh perjalanan darat dari Bandung menuju Yogyakarta.

"Pesawat lewat Tol Banyumanik, pesawatnya Pak Habibie. Ini masih pesawatnya juga (truk di belakangnya)," kata pengendara Nur Kholik. Ia pun membagikan rekaman video lewat akun Facebook-nya.

Dalam rekaman video berdurasi 26 detik itu, terlihat badan pesawat diangkut dengan menggunakan truk trailer, yang tengah berhenti di Gerbang Tol Banyumanik. Pesawat berwarna biru putih dengan tulisan N-250 itu, tampak sangat panjang dan memenuhi gerbang tol.

Sebelumnya, badan pesawat itu dibongkar di Depohar 10 TNI AU Bandung Jawa Barat. Kemudian, badan pesawat diangkut menggunakan 3 unit truk trailer. Rombongan iring-iringan truk pengangkut badan pesawat itu berangkat, Kamis (20/8/2020) sekitar pukul 02.00 WIB.

Pemindahan badan pesawat itu merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020, tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PT Dirgantara Indonesia(PTDI) untuk ditempatkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala.

PTDI menyerahkan pesawat N-250 Gatotkaca rancangan Presiden RI Ketiga BJ Habibie tersebut, dimaksudkan untuk menjadi koleksi di Museum Pusat Dirgantara Mandala di Yogyakarta sebagai sarana edukasi. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,