Kawanan Maling Emas Rp 700 Juta di Cilacap Diringkus

Kawanan Maling Emas Rp 700 Juta di Cilacap Diringkus

Dua kawanan pencuri emas senilai Rp 700 juta ditangkap. (foto - ist)

Cilacap - Jajaran Polres Cilacap menangkap dua orang kawanan pencuri toko emas, yang merupakan jaringan lintas provinsi. Pelaku berhasil menggasak emas perhiasan senilai Rp 700 juta.

"Kerugian diperkirakan mencapai Rp 700 juta, dan saat ini masih dilakukan penyitaan terhadap barang bukti yang masih berada di para penadah," kata Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya dalam keterangannya, Kamis (3/9/2020).

Kasus pencurian itu terjadi di toko emas Langgeng Lancar Rejeki Kecamatan Gandrungmangu Cilacap, pada Jumat 24 Juli lalu. Dalam aksinya, para pelaku yang berjumlah empat orang berhasil menguras isi toko emas.

Menurut Dery, berdasarkan hasil penyelidikan akhirnya dua orang pelaku ditangkap. Saat beraksi, para pelaku memanfaatkan kondisi toko yang sepi karena ditinggal karyawan beribadah. Pelaku juga sempat mematikan dan memutar arah kamera CCTV, yang berada di toko emas itu.

"Kejadian dilakukan pada siang hari saat orang (karyawan toko) sedang melaksanakan kegiatan agama. Di mana pelaku telah melakukan pemantauan terhadap toko emas tersebut sejak dua bulan lalu," katanya.

Sejauh ini, pihaknya bersama Subdit Jatanras Polda Jateng masih melakukan pengembangan terkait kasus itu. "Kita masih melakukan pengembangan, karena berdasarkan modus operandi pelaku profesional dalam melaksanakan aksinya. Kita menduga pelaku sudah melakukan kegiatan di tempat lain atau antar-provinsi," katanya.

"Saat ini tim Jatanras Polda Jateng bersama Satreskrim Polres Cilacap masih melakukan pengembangan untuk mengecek TKP lainnya. Apakah pelaku merupakan jaringan antar-provinsi," tegas Dery.

Barang bukti emas sekitar 2 kilogram atau senilai Rp 700 juta masih dilakukan pengumpulan. Pasalnya, semua barang bukti sudah dijual kepada penadah, dan sebagian digunakan pelaku untuk berjudi. (Jr.)**

.

Tags:,