Langit California Berubah Jadi Oranye, Trump Makin Disorot

Langit California Berubah Jadi Oranye, Trump Makin Disorot

Penampakan ekstrem langit California yang jadi oranye. (foto - NBA News)

California  -  Langit  di  sekitar  wilayah  California  San  Francisco  berubah  warna  menjadi oranye  yang disebabkan  oleh asap akibat meluasnya kebakaran hutan. Warga setempat pun mengunggah gambar langit oranye tersebut, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama.

Lewat akun Instagram @barackobama, ia membagikan sejumlah foto yang memperlihatkan polusi udara dari asap kebakaran hutan, hingga menyebabkan langit berubah warna secara ekstrem menjadi oranye.

"Kebakaran di Pantai Barat hanyalah contoh terbaru yang sangat nyata bagaimana perubahan iklim mengubah komunitas kita. Melindungi planet adalah pilihan kita. Pilihlah seperti hidup Anda bergantung padanya - karena memang demikian adanya," demikian tulis Obama.

Tak hanya ingin memperlihatkan realita yang sedang terjadi, Obama pun memanfaatkan kesempatan itu untuk mendukung pencalonan Joe Biden di Pilpres AS mendatang, sekaligus menyindir Presiden AS Donald Trump.

Seperti diketahui, Trump November tahun lalu mengumumkan akan menarik AS dari Perjanjian Paris yang mengatur pengurangan emisi karbon. Alasannya, Perjanjian Paris hanya merugikan ekonomi AS dan menguntungkan negara lain.

Pengumuman itu tentunya menuai kontroversi. Pemanasan global atau perubahan iklim akibat emisi karbon industri dan agrikultur, menjadi isu yang disorot. Bahkan, dampak yang ditimbulkan memang sangat mengerikan. Kepunahan massal spesies yang hidup di Bumi termasuk manusia jadi taruhan.

Untuk mencegah pemanasan global menjadi semakin parah, berbagai negara di dunia membuat kesepakatan bersama, salah satunya adalah Perjanjian Paris. Perjanjian Paris merupakan bentuk kesepakatan yang mengikat 188 negara, bertujuan untuk mengurangi emisi karbon.

Penarikan diri AS dari Perjanjian Paris tentu menimbulkan konsekuensi terhadap lingkungan. Saat ini, Amerika menyumbang 16 persen emisi karbon global, yang merupakan negara penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar kedua setelah Cina.

Penarikan diri AS juga memiliki konsekuensi politis. Sementara pemimpin negara lain fokus dengan isu perubahan iklim, Trump malah memilih untuk keluar. Hal itu berpotensi memicu tensi geopolitik yang memanas. (Jr.)**

California fire smoke blocks Bay Area sun, creating red haze - Los Angeles  Times

.

Categories:Internasional,
Tags:,