Lima Rumah di Tanjungsiang Kab Subang Ludes Terbakar

Lima Rumah di Tanjungsiang Kab Subang Ludes Terbakar

Kebakaran rumah warga di Kampung Cikaramas Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. (foto - ist)

Subang - Sedikitnya lima rumah warga yang berada di Kampung Cikaramas Desa Cikawung Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang ludes terbakar. Durumah a lainnya pun rusak sebagian, Rabu (16/9/2020).

Kapolsek Tanjungsiang AKP Cahya mengatakan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, akibat adanya tungku atau alat memasak di dapur yang ditinggal pergi di salah satu rumah yang ludes terbakar.

"Untuk sementara penyebabnya ya itu. Tidak ada korban jiwa tetapi kerugian materi diperkirakan mencapai lebih dari Rp 200 juta," katanya.

Berdasarkan penuturan saksi mata Lili Somantri yang menyebut musibah kebakaran itu berawal dari rumah milik Bu Umas. Api dengan cepat menyebar karena banyak kayu bakar ditambah sebagian besar rumah terbuat dari bilik bambu dan kayu, sehingga api dengan mudah merembet ke rumah lainnya.

Ia bersama warga lainnya langsung sigap berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, dan langsung menghubungi Mapolsek serta pemadam kebakaran. Berselang 2 jam, api berhasil dijinakkan dan dibantu dengan mobil dari Dinas Damkar," katanya.

Ia menyebutkan, kelima rumah itu, dua di antaranya rata dengan tanah milik Umas (50) dan Enan (60). Sementara tiga rumah lainnya rusak ringan, masing-masing milik Ruhmaya, Enjang dan Encep.

Kepala Bidang Damkar Satpoldam Kabupaten Subang Dede Rosmayandi mengakui, pihaknya agak lambat datang ke lokasi karena jarak dari UPT Damkar di Kecamatan Jalancagak cukup jauh.

Lokasinya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sumedang, namun bersyukur api masih bisa dikuasi sehingga tidak terbakar semuanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,