Pesta Miras Oplosan di Kediri Menewaskan Empat Warga

Pesta Miras Oplosan di Kediri Menewaskan Empat Warga

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono. (foto - ist)

Kediri - Sedikitnya empat orang warga Kabupaten Kediri tewas setelah pesta minuman keras (miras) oplosan. Mereka tewas secara beruntun, setelah menenggak miras di lokasi yang sama.

Keempat korban yakni Suliswanto (35), Agus Setyawan (38), Nguji (39) warga Kecamatan Pagu dan Eko (40) warga Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono membenarkan kejadian itu. Menurutnya, anggota Opsnal Polres Kediri dan Polsek Pagu sudah berada di lokasi untuk melakukan penyelidikan.

Pihaknya akan memeriksa saksi dan menghimpun keterangan dari warga sekitar. "Ya kami sudah monitor bahkan anggota dan Polsek Pagu sedang di lokasi untuk melakukan pemeriksaan," kata AKBP Lukman, Rabu (16/10/2020).

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar menyatakan, pesta miras oplosan itu digelar, pada Minggu 13 September sekitar pukul 14.00 WIB. Ada 6 orang yang ikut pesta miras tersebut. Termasuk Eko yang menjadi tuan rumah.

Sedangkan dua orang lainnya yang ikut pesta miras oplosan, yakni Purwadi dan Agus Ngali. Keduanya masih dirawat di RSUD Pelem Pare, karena diindikasikan overdosis miras oplosan.

Saat pesta, Eko mengambil miras oplosan 10 botol ukuran 600 ml. Setelah menghabiskan miras tersebut sekitar pukul 18.30 WIB, lima orang pulang ke rumahnya masing-masing.

Dalam kurun 2 hari, empat orang meninggal secara beruntun. Mereka menderita gejala dada sesak, penglihatan kabur, pusing dan sulit bernapas.

"Kasusnya telah ditangani Polsek Pagu dibantu Polres Kediri. Dari 6 warga yang minum, 4 orang meninggal dunia. Kebetulan peracik dan pembuat minuman oplosan juga ikut meninggal, sehingga otomatis kasusnya selesai," tegas AKP Gilang. "Namun seluruh barang bukti miras oplosan, botol dan alat racik telah diamankan anggota Opsnal Polres Kediri".

Gilang mengimbau, warga untuk ikut menjaga kondusivitas di tengah pandemi Covid-19. "Ini perintah dan imbauan Bapak Kapolres Kediri, agar warga Kabupaten Kediri ikut menjaga pola hidup dan kesehatan sesuai protokol kesehatan Covid-19," tegasnya. (Jr.)**

.

Tags:,