369 Karyawan Positif Corona, Pabrik Epson Cikarang Ditutup

369 Karyawan Positif Corona, Pabrik Epson Cikarang Ditutup

Karyawan pabrik PT Epson Indonesia di kawasan Industri East Jakarta Industrial Park (EJIP) Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. (foto - ist)

Bekasi  -  Sedikitnya  369  karyawan PT  Epson  Indonesia  yang  berada  di kawasan  Industri  East  Jakarta Industrial  Park (EJIP) Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi Jabar, terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah pekerja yang terpapar terus bertambah, setelah dilakukan tes swab.

"Kemarin ada sebanyak 352 orang sekarang sudah mencapai 369 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, Senin (21/9/2020).

Ia menjelaskan, ditemukannya kasus baru setelah pihaknya bersama perusahaan melakukan tes swab ke seluruh karyawan yang berjumlah 13 ribu orang. "Awal September kita melakukan tes swab. Tes itu rangkaian program pengecekan di klaster industri," katanya.

Setelah pengecekan, tepatnya tanggal 6 September hasil swab keluar. Diketahui, ada sejumlah karyawan yang positif Covid-19, dan satgas langsung melakukan tracing ke orang-orang terdekat. Hasilnya sebanyak 369 pekerja yang positif Covid-19.

"Sampai sekarang dari perusahaan sudah ribuan yang diperiksa. Masih ada spesimen yang masih diperiksa, yang hasilnya akan keluar beberapa hari ini. Kita berharap tidak ada lagi penambahan kasus," katanya.

Dengan meluasnya penyebaran, operasional PT Indonesia Epson Industry (IEI) untuk sementara ditutup selama dua pekan untuk dilakukan sterilisasi dan clearing. "Perusahaan mulai 19 September sampai 2 Oktober untuk keperluan clearing sudah ditutup tidak ada operasional," tegas Alamsyah.

Terkait hal itu, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi memastikan, mayoritas pekerja yang positif di pabrik PT Epson Indonesia merupakan orang tanpa gejala (OTG). Mereka ada yang melakukan isolasi mandiri dan menjalani perawatan di rumah sakit di Bekasi dan Jakarta.

"Sekitar 80 persen tanpa gejala, sekarang mereka sudah diisolasi mandiri, ada yang dirawat di RS Bekasi dan Jakarta," kata Alamsyah. Meski pihak perusahaan sudah berupaya menerapkan protokol kesehatan di lingkungan pabrik, kasus penularan Corona di PT Epson berawal dari kasus impor.

Seperti diketahui, data resmi pikokabsi.bekasikab.go.id per Senin 21 September 2020 menyatakan, dari jumlah total 1.914 yang positif, sebanyak 1.678 di antaranya dinyatakan sembuh, 48 meninggal dunia dan 42 dirawat di rumah sakit. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,