Berawal Staf Dekatnya Positif, Trump pun Terpapar Covid-19

Berawal Staf Dekatnya Positif, Trump pun Terpapar Covid-19

Penasihat Donald Trump, Hope Hicks. (foto - The New York Times)

Cleveland  -  Presiden  Amerika  Serikat  Donald  Trump  dan  istrinya  Melania  dinyatakan  positif  terpapar virus  Corona (Covid-19). Keduanya terinfeksi Corona setelah penasihat Trump, Hope Hicks lebih dulu dinyatakan positif Corona.

Diketahui, Hope Hicks terakhir kali ikut mendampingi Donald Trump saat debat calon presiden (capres) pertama di Cleveland Ohio, pada awal pekan ini.

Dilansir Associated Press, Jumat (2/10/2020) Hicks yang sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Komunikasi Gedung Putih, baru saja diangkat menjadi penasihat Trump Februari lalu. Perempuan cantik itu tampak selalu mendampingi Trump dalam kegiatan kepresidenan dan kampanye.

Hicks tampak mendampingi Trump saat debat capres yang digelar di Cleveland, pada Selasa 29 September waktu setempat. Bahkan, ia sempat satu pesawat kepresidenan dengan Trump, Air Force One. Hicks juga ikut menaiki helikopter kepresidenan Marine One, saat Trump berkampanye ke Minnesota, pada Rabu 30 September waktu setempat.

Menurut seorang pejabat pemerintahan, Hicks dinyatakan positif Corona pada Kamis 1 Oktober waktu setempat. Kabar soal Hicks terinfeksi Corona pertama kali disampaikan oleh media terkemuka AS, Bloomberg News.

Soal kemungkinan kontak langsung antara Trump dan Hicks, Gedung Putih menegaskan, langkah protokol kesehatan telah ditegakkan untuk menjaga keamanan dan kesehatan Trump. "Presiden sangat memperhatikan kesehatan dan keselamatan dirinya dan semua orang yang bekerja mendukungnya dan rakyat Amerika," sebut juru bicara Gedung Putih, Judd Deere.

Diketahui, sejumlah staf Gedung Putih yang berada dekat dengan Hicks baru diberitahu hasil positif Corona itu pada hari yang sama. Sejumlah staf Gedung Putih sebelumnya dinyatakan positif Corona, termasuk Katie Miller yang merupakan Sekretaris Pers untuk Wakil Presiden AS Mike Pence dan salah satu pelayan pribadi Trump.

Sejauh ini, Hicks menjadi penasihat paling dekat dengan Trump yang dinyatakan positif Corona. Setelah Hicks dinyatakan positif Corona, Trump dan Melania menjalani tes. Trump mengungkapkan hasil tes itu via akun Twitternya, pada Kamis 1 Oktober malam waktu AS. "Malam ini, @FLOTUS (Melania-red) dan saya dinyatakan positif Covid-19," tutur Trump via akun Twitternya.

"Kami akan memulai karantina kami dan proses pemulihan segera. Kami akan melalui ini BERSAMA!" katanya. Trump yang berusia 74 tahun berada dalam risiko tinggi untuk terkena komplikasi serius akibat Corona. Diagnosis positif ini menjadi pukulan besar baginya, yang selama ini berusaha meyakinkan publik AS bahwa yang terburuk dari pandemi Corona telah terlewati. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,