Kali Cipinang Meluap Rendam Sejumlah Rumah di Ciracas

Kali Cipinang Meluap Rendam Sejumlah Rumah di Ciracas

Kali Cipinang meluap rendam puluhan rumah warga di wilayah Ciracas Jaktim. (foto - ist)

Jakarta - Luapan Kali Cipinang merendam sejumlah permukiman warga di wilayah Ciracas Jakarta Timur, Sabtu (10/10/2020) malam.

Petugas Suku Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menyatakan, banjir di antaranya terjadi di Jalan Kaja setinggi 1,5 meter, Gang Begog 1 meter, Gang Rukem RW 08 mencapai 2 meter dan Jalan H Saibun RW04 30 - 80 sentimeter.

Kemudian di Jalan Tanjung RW 02, Jalan Dewa Ujung RW 07, Jalan Manunggal 1 Kelapa Dua Wetan dan Jalan Kaja, masing-masing setinggi 1 meter.

"Banjir di Ciracas akibat luapan Kali Cipinang, setelah kawasan itu diguyur hujan deras sejak sore hari," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman. Sekitar 50 personel berikut armada dikerahkan untuk menyedot air dan mengevakuasi sejumlah korban banjir, dengan menggunakan perahu karet.

Disebutkan, kemungkinan adanya korban luka akibat musibah tersebut. "Kami masih melakukan proses evakuasi sejak laporan kita terima sekitar jam 19.00 WIB," katanya.

Sementara itu, banjir juga merendam puluhan rumah penduduk di dua RT RW 08 Ciracas Jakarta Timur, akibat pembatas di bantaran Kali Cipinang roboh saat terjadi peningkatan debit air. "Tembok pembatas sungai roboh, airnya meluap ke rumah warga," katanya.

Ia menambahkan, hingga pukul 20.30 WIB ketinggian air berkisar 1-2 meter di titik terparah, yang berdekatan dengan tanggul Kali Cipinang. Banjir merendam sekitar 20 rumah penduduk yang berada di RT 05 dan RT 10 RW 08 Kelurahan Ciracas. (Jr.)**

"Tembok yang roboh ini sekitar 1x2 meter. Tembok ini pembatas sungai dan rumah penduduk. Tiba-tiba saja roboh saat hujan deras tadi," katanya.

Gatot mengatakan sebanyak lima personel berikut armada sedot air dikerahkan ke lokasi banjir tersebut, namun sempat terkendala karena area pelintasan menuju daerah tersebut juga terendam banjir. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,