Kota Bandung & Kab. Bandung Barat Kembali ke Zona Oranye

Kota Bandung & Kab. Bandung Barat Kembali ke Zona Oranye

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat berada di Puskesmas Garuda Bandung. (foto - humas)

Bandung  -  Gubernur  Jabar  Ridwan  Kamil  menyebutkan,  Kota  Bandung  dan   Kabupaten  Bandung  Barat  kembali  ke  Zona Oranye, setelah sebelumnya berada di Zona Merah.

Demikian disampaikan Ridwan Kamil setelah menggelar rapat koordinasi (rakor) penanganan Covid-19 di Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Senin (12/10/2020).

"Saya gembira, dua wilayah pada pekan sebelumnya masuk zona merah. Namun saat ini sudah bergeser, yakni Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat menjadi zona oranye. Jadi, di wilayah Bandung Raya kini tidak ada lagi zona merah," katanya.

Sementara itu laman Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung melaporkan, angka positif kumulatif di Kota Bandung mencapai 1.584 orang, positif aktif sebanyak 260, pasien sembuh 1.260 dan meninggal dunia sebanyak 64 orang.

Dari 30 kecamatan di wilayah Kota Bandung hanya satu kecamatan yang nihil kasus positif aktif Covid-19, yakni Kecamatan Bandung Wetan. Sedangkan sisanya mencakup 29 kecamatan masih ada kasus positif aktif.

Yakni Kecamatan Rancasari (21), Panyileukan (16), Buahbatu (16), Sukajadi (14), Coblong (14), Andir (14), Bandung Kulon (14), Cibeunying Kidul (14), Lengkong (14), Arcamanik (13), Bojongloa Kidul (13), Ujungberung (12), Bojongloa Kaler (11), Babakan Ciparay (9).

Selain itu Kecamatan Astanaanyar (9), Antapani (9), Batununggal (8), Bandung Kidul (7), Regol (5), Mandalajati (4), Cibeunying Kaler (4), Cicendo (4), Gedebage (4), Sukasari (3), Cibiru (2), Cidadap (2), Kiaracondong (2), Sumur Bandung (1), Cinambo (1) dan Kecamatan Bandung Wetan (0).

Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, untuk data Covid-19 di Kota Bandung memang dinamis. "Datanya dinamis," sebutnya.

Lebih jauh Emil menjelaskan, status zona merah saat ini berada di tiga daerah. Status zona merah di tiga daerah tersebut merupakan penurunan dari sebelumnya, ada 5 hingga 7 daerah yang berstatus zona merah.

"Di Jabar zona merah hanya tiga yang biasanya lima sampai tujuh. Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Kuningan," katanya.

Menurutnya, di Kabupaten Karawang ada klaster industri dan klaster keluarga yang tengah mengemuka, sedangkan di Kuningan ada klaster pondok pesantren. "Karawang klaster industri dan rumah tangga, Kuningan klaster pesantren," tegas Emil.

Seperti diketahui, pekan lalu Pemprov Jabar mengumumkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat masuk zona merah atau daerah dengan kerawanan penularan Covid-19 yang tinggi.

Selain dua wilayah di kawasan Bandung Raya, ada tiga daerah di wilayah Bodebek juga masuk menjadi zona merah. Di antaranya Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kota Bogor. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,