Jadikan Hari Cuci Tangan Se-Dunia Pengingat Cegah Corona

Jadikan Hari Cuci Tangan Se-Dunia Pengingat Cegah Corona

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia momentum pengingat cegah Covid-19. (foto - UNICEF)

Jakarta  -  Kementerian  Kesehatan   lewat   Direktur  Jenderal   Kesehatan   Masyarakat   Kirana  Pritasari  mengemukakan, peringatan "Hari Cuci Tangan Sedunia" setiap tanggal 15 Oktober dijadikan sebagai momen pengingat untuk mencegah Covid-19.

"Wabah Covid-19 telah menjadi pengingat yang kuat bagi kita. Salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran virus, yakni perilaku cuci tangan dengan sabun dan air mengalir," sebut Kirana dalam seminar daring Kampanye Nasional & Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Kamis (15/10/2020).

Namun demikian, ia juga mengingatkan selain kesadaran perilaku cuci tangan, higienitas akses fasilitas pun perlu ditingkatkan. Apalagi, saat ini masih ada sekitar 40 persen dari populasi dunia atau sekitar 3 miliar orang, tidak memiliki akses fasilitas cuci tangan di rumah mereka.

"Sekitar 40 persen dari populasi dunia atau sekitar 3 miliar orang tidak memiliki akses sarana cuci tangan, baik di rumah mereka, di sekolah, tempat kerja, fasilitas kesehatan serta ruang publik tempat orang berkumpul seperti pasar dan pusat transportasi," katanya.

Ia mengingatkan, dalam pandemi Covid-19 saat ini kebersihan tangan sangat penting. "Utamanya untuk menjaga anak-anak kita, para dokter, tenaga kesehatan, para pekerja dan masyarakat secara umum agar aman dari penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya," tegas Kirana.

Apalagi sejak wabah Covid-19 pemerintah telah memperjuangkan perang melawan pandemi. "Tiga gelombang kampanye pun digulirkan, mulai dari kampanye nasional pemakaian masker diikuti kampanye jaga jarak, dan kampanye cuci tangan pakai sabun".

Kampanye nasional cuci tangan bertepatan dengan hari cuci tangan pakai sabun sedunia, sebagai momentum kampanye dan advokasi di seluruh dunia setiap tanggal 15 Oktober yang telah dimulai sejak tahun 2008," katanya.

Cuci tangan pakai sabun katanya, merupakan salah satu dari tiga perilaku yang menjadi cara yang sangat efektif dalam pencegahan Covid-19 selain memakai masker dan jaga jarak. "Ketiganya merupakan bagian dari kampanye nasional jangan sampai kendor yang selalu kita dengungkan,” tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,