Iran Catat Rekor 337 Kematian Akibat Covid-19 Dalam Sehari

Iran Catat Rekor 337 Kematian Akibat Covid-19 Dalam Sehari

Iran Catat Rekor Kematian akibat Corona 337 kasus dalam Sehari. (foto - McDowell News)

Teheran  -  Sedikitnya  337  kasus  kematian  akibat  virus  Corona  (Covid-19)  terjadi  di Iran  dalam  satu  hari.  Angka itu menjadi rekor kematian tertinggi dalam satu hari di negara Timur Tengah itu.

"Hari ini kami menghadapi gelombang yang lebih besar dari virus tersebut, dan kami harus tetap melawannya," kata Presiden Iran Hassan Rouhani.

Dilansir AFP, Senin (19/10/2020) Rouhani meminta Kementerian Kesehatan Iran untuk meningkatkan jumlah tes Covid-19 harian, guna mengurangi penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Rekor kematian akibat Corona di Iran tersebut menjadikan total kasus kematian mencapai sebanyak 30.172 kasus, sejak Iran melaporkan kasus Corona pertamanya pada Februari 2020 lalu. Sebelumnya, Iran mencatat rekor kematian akibat Corona, pada Rabu 14 Oktober sebanyak 279 kasus.

Total kasus Corona di Iran mencapai 534.631 kasus, dengan 4.251 kasus baru ditemukan dalam 24 jam terakhir. Kematian dan kasus Corona di Iran telah meningkat dan mencatat rekor baru sejak awal September.

"Salah satu solusi utama yakni dengan mengidentifikasi yang mereka terinfeksi secepat mungkin, sehingga dengan demikian bisa mengurangi kebutuhan rawat inap dan juga mengurangi kematian," tegas Rouhani.

"Tidak masalah jika infeksi meningkat (karena peningkatan tes), tetapi yang paling penting tingkat kematian tidak terus meningkat," katanya. Laporan peningkatan jumlah kasus Corona itu pun diakui Wakil Menteri Kesehatan Iraj Harirchi pekan lalu karena protokol tes dan pelaporan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Sima Sadat Lari mengatakan, lonjakan kasus kematian tersebut "belum pernah terjadi sebelumnya". Hal iitu akibat dari kepatuhan yang buruk warga terhadap protokol kesehatan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,