Relawan Uji Klinis Vaksin AstraZaneca di Brasil Meninggal

Relawan Uji Klinis Vaksin AstraZaneca di Brasil Meninggal

Penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 AstraZaneca. (foto - NewsNet)

Sao Paolo  -  Seorang   relawan  uji  klinis  vaksin  Corona  (Covid-19)  AstraZeneca  meninggal  dunia  di  Brasil.  Otoritas kesehatan Brasil Anvisa menerima informasi dari penyelidikan kematian tersebut.

Dolansir Reuters, sejauh ini memang masih belum jelas apakah sukarelawan tersebut menerima vaksin atau suntikan plasebo.
Uji klinis fase 3 AstraZeneca itu pun mengalami penundaan pada awal September lalu.

Hal itu terjadi setelah seorang peserta penelitian di Inggris mengalami cedera tulang belakang. Namun demikian, uji coba tersebut telah dilanjutkan di Inggris dan Brasil, meski uji coba tersebut tetap ditahan di AS.

Diketahui, kandidat vaksin AstraZaneca tengah dikembangkan bersama Universitas Oxford. Dalam pernyataannya, meski demikian AstraZeneca mengatakan bahwa uji coba akan terus dilanjutkan.

"Kami tidak dapat mengomentari kasus individu dalam uji klinis vaksin Oxford yang sedang berlangsung, karena kami sangat mematuhi kerahasiaan medis dan peraturan uji klinis. Namun, kami dapat mengonfirmasi bahwa semua proses peninjauan yang diperlukan telah diikuti," demikian tulis pernyataan itu.

"Semua peristiwa medis yang signifikan dinilai secara cermat oleh penyelidik uji klinis, komite pemantau keamanan independen dan pihak berwenang. Penilaian itu tidak menimbulkan kekhawatiran tentang kelanjutan studi yang tengah berlangsung," sebutnya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,