ITB Raih Peringkat 1 'Perguruan Tinggi Inovatif Terbaik' 2020

ITB Raih Peringkat 1 'Perguruan Tinggi Inovatif Terbaik' 2020

Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah Ph.D menerima penghargaan 'Anugerah Perguruan Tinggi Inovatif tahun 2020. (foto - BKKP Kemenristek)

Bandung  -  Institut  Teknologi Bandung  kembali  raih  Anugerah  Perguruan  Tinggi  Inovatif  Terbaik  di  Indonesia  tahun 2020 dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

ITB juga meraih Peringkat ke-1 Pusat Unggulan Ipteks-PT (PUI-PT) untuk Pusat Sains dan Teknologi Kegempaan. "Pemberian anugerah ini sebagai amanah," sebut Rektor ITB Reini Wirahadikusumah dalam keterangannya, Rabu 11 November 2020.

Reini menyatakan, dalam lima tahun ke depan ITB akan fokus pada bidang strategis. Antara lain big data dan AI yang merupakan kunci untuk mendukung ekonomi digital, iptek kesehatan, iptek energi dan pangan, iptek nano dan bio serta iptek kebencanaan.

"Kami berharap bisa membangun kebersamaan lebih kuat dengan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk semakin menghadirkan teknologi ITB di tengah kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia," katanya.

Seperti diketahui, ITB selama dua tahun berturut-turut meraih perguruan tinggi peringkat ke-1 dalam membangun dan melaksanakan ekosistem inovasi di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam anugerah inovasi ini, perguruan tinggi dinilai dari beberapa aspek ekosistem inovasi yang meliputi kinerja riset inovasi, kekuatan manajemen inovasi, kerja sama industri, pengembangan entrepreneur dan kolaborasi riset inovasi.

Dua penghargaan yang diraih ITB.

 

Sementara itu Ketua LPIK-ITB Sigit P Santosa menyatakan, anugerah ini merupakan penghargaan dari pemerintah atas kerja keras perguruan tinggi di Indonesia dalam membangun budaya inovasi.

Menurutnya, anugerah tersebut menandakan kerja keras membangun ekosistem inovasi di ITB sejak 2015 membuahkan kinerja yang sangat produktif dan membanggakan, melalui pembangunan empat klaster prioritas inovasi.

Keempat klaster itu yakni dalam bidang transportasi dan infrastruktur, energi dan lingkungan, teknologi pangan dan kesehatan serta teknologi informasi dan komunikasi.

"Ke depannya dengan ekosistem inovasi ITB yang semakin baik, diharapkan para inovator ITB semakin melebarkan jaringan kolaborasi dengan industri dan institusi domestik dan internasional, sehingga produk inovasi Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,