Hingga Malam api Masih Memerah di gudang Kapas Grantex

Hingga Malam api Masih Memerah di gudang Kapas Grantex

Atap gudang kapas yang terbakar nyaris roboh. (foto - Diskar PB)

Bandung  -  Hingga  malam  hari  api  masih  memerah  di  gudang  penyimpanan  kapas  milik  PT  Grand  Textile  Industry (Grantex) yang berada di Jalan AH Nasution Kelurahan Karang Pamulang Kemacatan Mandalajati Kota Bandung, Kamis (12/11/2020).

Hingga sekitar pukul 22.00 WIB, api masih tampak memerah dari dalam gudang kapas tersebut. Petugas pemadam dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung masih hilir mudik untuk memadamkan api.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung M Yusuf Hidayat mengungkapkan, saat ini para petugas masih melakukan pemadam terhadap sejumlah titik yang masih terdapat kobaran api.

Menurutnya, pemadaman dilakukan dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian, mengingat atap gudang kapas di pabrik tekstil tersebut sudah tampak akan roboh akibat, tiang penyangga atap tersebut sudah hangus terbakar.

"Masih ada beberapa titik api yang masih menyala. Konstruksi bangunan gudang tersebut berupa tembok dan besi. Kami harus hati-hati karena besi-besi yang menyangga gudang tersebut sudah terbakar, dikhawatirkan roboh," katanya. Api berhasil dikendalikan petugas agar tidak merembet ke bangunan lain di sekitar gudang tersebut.

Diketahui, di dalam kawasan pabrik tersebut terdapat gudang kapas, bangunan penyimpanan mesin dan juga gedung perkantoran. Di dalam kawasan pabrik ini ada beberapa bangunan, antara lain gudang, bangunan penyimpanan mesin dan juga ada gedung kantor.

"Sedangkan yang hangus terbakar hanya gudang. Kobaran api tidak sampai merembet ke bangunan lain di sekitarnya karena masing-masing gedung posisinya terpisah," tegas Yusuf.

Ia menambahkan, mengenai kerugian akibat kebakaran itu berdasarkan taksiaran sementara lebih dari Rp 1 miliar. Kerugian itu diyakini bakal bertambah, mengingat hingga pukul 22.00 WIB api masih tampak berkobar dari dalam gudang. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,