BPBD Garut Telah Memiliki Alat Pendeteksi Gempa Canggih

BPBD Garut Telah Memiliki Alat Pendeteksi Gempa Canggih

BPBD Garut Telah Memiliki Alat Pendeteksi Gempa Canggih. (foto - ist)

Garut - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut saat ini memiliki alat pendeteksi gempa yang cukup canggih, dan terhubung dengan alat pendeteksi lainnya se-Indonesia.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Firman Karyadin, pihaknya mendapatkan alat pendeteksi gempa tersebut dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Kita dikasih BMKG alat itu sama pendeteksi gempa," kata Firrman di Kantor BPBD Kabupaten Garut Jalan Terusan Pahlawan Kabupaten Garut, Kamis (12/11/2020).

"Alat itu katanya, setiap hari selalu mengeluarkan bunyi peringatan. Seperti kejadian di Ambon ada dalam layar," katanya.

Anggota Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Garut Eri Karisma Nurohim menyebutkan, nama dari alat pendeteksi tersebut yakkni "Warning Receiver System".

Eri menjelaskan, kegunaan, peran dan fungsi dari Warning Receiver System tersebut adalah merupakan alat pendeteksi gempa, khususnya daerah di wilayah Jawa Barat akan terdeteksi di dalam layar monitor.

Ia menyebutkan, peringatan gempa baru akan disimbolkan dengan bintang, dan penjelasan gempa akan muncul dalam tabel khusus. "Kadi kalau ada gempa terlihat ada simbol bintang. Keterangannya tertera pada tabel," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,