Ratusan Hektar Sawah Warga di tunggilis Pangandaran terendam

Ratusan Hektar Sawah Warga di tunggilis Pangandaran terendam

Banjir rendam sawah warga di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Pangandaran. (foto - Polsek Kalipujcang)

Pangandaran - Banjir melanda sekitar 227 hektar sawah yang berada di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran. Banjir setelah tanggul Cirapuan Kedung Palumpung jebol, pada Rabu 17 November.
 
Tanggul selebar 3 meter yang berlokasi di perbatasan Desa Ciganjeng (Padaherang) dan Desa Tunggilis (Kalipucang) tersebut jebol, menyusul hujan deras yang mengguyur setiap hari beberapa hari terakhir.
 
Luapan air dari Cirapuan mengenangi sawah warga dengan kedalaman bervariasi dari 1 meter hingga 2 meter, sehingga ratusan hektar sawah di Desa Tunggilis mirip sebuah danau. Ratusan hektar sawah yang tergenang banjir tampak jelas berada di sisi jalan raya Banjarsari - Pangandaran.
 
"Akibat tanggul jebol, air meluap masuk ke sawah warga. Ada sekitar 227 hektar sawah di Tunggilis yang tergenang luapan air," kata Kapolsek Kalipucang Polres Ciamis AKP H Jumaeli, Kamis (19/11/2020) .
 
Pihhaknya meminta warga segera bergotong royong untuk menutup sementara bagian tanggul yang jebol, agar genangan air tidak meluas. Bagian tanggul yang jebol juga tidak terus bertambah, karena hujan deras diperkirakan turun setiap hari.
 
"Warga berjibaku menutup bagian tanggul yang jebol ditimbun dengan karung pasir atau tanah untuk penanggulangan sementara," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,