Gempa Bumi Guncang Garut Dipicu Aktivitas Sesar Lokal

Gempa Bumi Guncang Garut Dipicu Aktivitas Sesar Lokal

Gempa Bumi Guncang Garut Dipicu Aktivitas Sesar Lokal. (ilustrasi)

Bandung - Gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Garut dan sekitarnya, Sabtu (5/12/2020) malam sekitar pukul 19.49 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi tersebut berkekuatan 3,0 pada skala Richter.

Episenter terletak pada koordinat 7.61 lintang selatan (LS) dan 107.44 bujur timr (BT), atau tepatnya pada jarak 67 kilometer barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 5 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di wilayah Garut bagian selatan dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. Hingga jelang tengah malam, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan," katanya.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,