CDC Perbarui, di Rumah pun Wajib Ber-Masker Saat Tertentu

CDC Perbarui, di Rumah pun Wajib Ber-Masker Saat Tertentu

CDC Perbarui, di Rumah pun Wajib Ber-Masker Saat Tertentu. (foto - Getty Images)

Atlanta  -  Pusat  Pengendalian  serta   Pencegahan  Penyakit  Amerika  Serikat  (CDC)  kembali  memperbaharui  pedoman terkait masker. Kali ini, dalam pedoman terbarunya, CDC menyebut masyarakat wajib memakai masker di dalam rumah dalam kondisi tertentu.

"Masker sangat penting untuk mengendalikan penyebaran virus Corona, dan terkadang termasuk di dalam rumah," kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Dilansir CNN, analisis CDC terkait waktu yang berisiko tinggi mengenai penularan Corona, yakni pada saat berada di ruangan sempit dan tidak mengindahkan jaga jarak.

"Tempat dalam ruangan, di mana tidak ada jaga jarak dan penggunaan masker secara konsisten telah diidentifikasi sebagai skenario penularan Corona berisiko tinggi," jelas CDC dalam pedoman terbarunya.

Meski di dalam ruangan risiko penularan Covid-19 terbilang tinggi, bukan berarti acara di luar ruangan minim risiko penularan Covid-19. Penggunaan masker harus tetap dijalankan, bersamaan dengan pentingnya menjaga jarak di ruangan terbuka terlebih jika dipadati banyak orang.

"Meski dampak jarak fisik sulit untuk dipisahkan dari intervensi lainnya, satu studi memperkirakan bahwa jaga jarak bisa menurunkan rata-rata jumlah kontak harian sebanyak 74 persen," tambah CDC.

Selain itu, CDC menyoroti penggunaan masker wajah yang konsisten demi menekan transmisi atau penularan Covid-19. Hal itu juga berdasarkan pada banyaknya kasus Corona (Covid-19) yang tak menunjukkan gejala Corona.

"Penggunaan masker wajah yang konsisten dan benar adalah strategi kesehatan masyarakat yang penting, untuk mengurangi transmisi SARS-CoV-2. Terutama mengingat perkiraan, sekitar setengah dari infeksi baru ditularkan oleh orang yang tidak memiliki gejala," sebutnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun memperbarui pedoman Covid-19 terkait penggunaan masker. Salah satu poin penting rekomendasi WHO perlunya memakai masker di ruangan dengan ventilasi buruk.

Pada Juni lalu, WHO mendesak seluruh warga untuk tetap memakai masker kain, tidak hanya di luar ruangan tapi di dalam ruangan yang berisiko tertular Covid-19. Saat ini, WHO menyebut anak 12 tahun ke atas harus selalu memakai masker di tempat dengan ventilasi buruk, termasuk saat menerima tamu di rumah.

Bagaimana dengan ruangan yang memiliki ventilasi baik? WHO menyarankan untuk tetap memakai masker di luar maupun dalam ruangan dengan ventilasi yang baik. Rekomendasi WHO itu juga mengharuskan setiap orang setidaknya menjaga jarak satu meter demi mencegah penularan Covid-19.

"Dalam semua skenario, masker yang melindungi dari penularan virus daripada infeksi, perlu disertai dengan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan," sebut WHO.

WHO menyarankan agar setiap orang yang melakukan aktivitas fisik berat tidak memakai masker terlebih dulu dengan beberapa risiko terkait. Hal ini terutama ditujukan bagi pengidap asma. WHO juga menyoroti aktivitas olahraga di gym, yang tetap perlu melakukan protokol Covid-19.

"Ventilasi yang memadai, jarak fisik dan desinfeksi permukaan dengan sentuhan tinggi di gym harus dipertahankan, atau penutupan sementara harus dipertimbangkan," tambahnya. (Jr.)**

Di dalam rumah pun wajib pakai masker di saat tertentu :

- Saat ada anggota keluarga terpapar Covid-19
- Seorang anggota keluarga berisiko tinggi tertular Covid-19 karena aktivitas di luar rumah
- Ruangan sempit
- Tidak bisa jaga jarak minimal 2 meter.

.

Categories:Internasional,
Tags:,